Peristiwa Nasional

Tidak Ada Kompromi Bagi Penyebar Ideologi Selain Pancasila

Kamis, 17 Oktober 2019 - 13:13 | 117.28k
PLT Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum, Bahtiar saat bersama Mendagri, Tjahjo Kumolo. (FOTO: Puspen Kemendagri)
PLT Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum, Bahtiar saat bersama Mendagri, Tjahjo Kumolo. (FOTO: Puspen Kemendagri)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tidak ada ruang atau kompromi bagi kelompok lain yang menghasut dan menyebarkan ideologi selain Pancasila.

"Pancasila adalah final dan mengikat seluruh warga negara yang hidup dalam wilayah hukum NKRI dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote," tegas Plt Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri, Bahtiar, Kamis di (17/10/2019).

Selain menjadi dasar didirikannya NKRI, Pancasila juga sebagai pedoman atau falsafah hidup dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sehingga kedudukannya sudah final sebagai kristalisasi tatanan sistem nilai bangsa Indonesia.

Karena itu nilai-nilai atau mutiara Pancasila harus dihadirkan dan diimplementasikan dalam interaksi kehidupan masyarakat sehari-hari.

Kewajiban aparatur negara juga diminta sebagai contoh atau role model dalam mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupannya, termasuk di lingkungan kerjanya, masyarakat dan keluarganya.

Plt Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri, Bahtiar menegaskan tidak ada ruang untuk kompromi. "Bila ada aparatur yang tak menerima Pancasila wajib diberi sanksi tegas karena yang bersangkutan tak pantas jadi aparatur NKRI yang berdasarkan Pancasila," tandasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES