Politik

PDI Perjuangan: Penyusunan Kabinet Pertimbangkan Berbagai Tantangan

Kamis, 17 Oktober 2019 - 11:08 | 53.42k
Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto. (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia).
Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto. (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, JAKARTAPDI Perjuangan menegaskan bahwa penyusunan kabinet Jokowi-KH Ma’ruf Amin dilakukan dalam sebuah desain untuk menjawab berbagai tantangan eksternal seperti ancaman resesi global sehingga diperlukan konsolidasi nasional dengan bekal dukungan 60,7 persen kursi di DPR. 

"Tantangan eksternal dan pentingnya konsolidasi nasional disikapi dengan struktur dan nomenklatur kabinet yang sebaiknya tidak mengalami banyak perubahan. Dengan demikian kabinet Presiden Jokowi langsung bekerja cepat dengan skala prioritas sesuai garis kebijakan Presiden," ujar Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, Jakarta, Kamis (17/10/2019).

 Hasto mengatakan, PDI Perjuangan memberikan perhatian yang besar terhadap Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang menjadi tulang punggung peningkatan kualitas SDM sesuai skala prioritas kebijakan Presiden Jokowi.

"Memajukan kesejahsetraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa hanya bisa terjadi apabila pengembangan SDM Indonesia menitik beratkan pada penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dilandasi oleh semangat bangsa pelopor dan bangga dengan kemampuan bangsanya sendiri. Tidak ada bangsa besar tanpa nasionalisme yang tinggi," jelasnya.

Atas dasar hal tersebut, PDI Perjuangan berpandangan kehadiran Badan Riset Nasional sangatlah diperlukan. Sebab, pengembangan SDM harus meningkatkan kemampuan penguasaan ilmu dasar, seperti matematika, fisika, kimia, dan biologi. 

Sedangkan pengembangan ilmu teknik lankut Hasto, penting guna meningkatkan produktivitas nasional, khususnya yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak seperti pertanian dan kelautan. "Dengan struktur dan nomenklatur kabinet yang tidak banyak berubah, dipastikan akan memercepat konsolidasi pemerintahan Presiden Jokowi," kata Hasto, Sekjen PDI Perjuangan(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES