Gaya Hidup

Tidur Siang Bisa Meningkatkan Produktivitas di Kantor, Benarkah?

Kamis, 17 Oktober 2019 - 09:14 | 97.24k
Ilustrasi - Tidur siang (FOTO: Woop)
Ilustrasi - Tidur siang (FOTO: Woop)

TIMESINDONESIA, JAKARTATidur siang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Karena itu sebaiknya Anda meluangkan waktu tidur siang walau hanya sebentar saat di kantor. Tidur siang ini disebut juga power nap. Jika dilakukan dengan benar, tidur siang tersebut bisa efektif meningkatkan produktivitas di kantor dibanding minum bergelas-gelas kopi.

Power nap adalah tidur singkat yang hanya berdurasi selama 20-30 menit. Aktivitas ini biasanya dilakukan saat istirahat makan siang atau di kala senggang di tengah pekerjaan.

Tidur siang singkat mampu mendatangkan banyak manfaat apabila dilakukan dengan cara yang tepat. Power nap dapat meningkatkan daya ingat, mendongkrak performa kerja, dan memperbaiki suasana hati saat sedang berada di kantor.

Selain hal di atas, berikut ini manfaat tidur siang untuk tubuh dilansir dari Klik Dokter.

1. Meningkatkan kewaspadaan

Daripada minum kopi, tidur siang singkat atau power nap merupakan cara yang lebih ampuh dan sehat untuk mengatasi rasa kantuk saat di kantor. Usai bangun dari power nap, Anda bisa merasakan kewaspadaan kembali meningkat. Bahkan, tidur siang singkat juga dapat menghilangkan stres dan meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Tidur siang singkat bermanfaat untuk menjaga kesehatan fisik, salah satunya meningkatkan kesehatan jantung.

“Ada penelitian yang mengatakan bahwa tidur siang bisa mencegah tekanan darah turun drastis, yang nantinya berhubungan langsung pada kesehatan jantung,” ujar dr. Karin.

3. Punya ide lebih cemerlang

Orang-orang yang rutin tidur siang, baik itu lama atau singkat seperti power nap, memang bisa lebih kreatif dalam menyalurkan ide-ide baru. Itu karena siklus tidur REM (rapid eye movement) dapat membantu aktivasi bagian otak yang berhubungan dengan imajinasi dan mimpi.

Fase REM memang umumnya baru dimulai sekitar menit ke-70 saat tidur. Kendati begitu, tidur siang singkat atau power nap juga bisa membuat pikiran menjadi lebih relaks, sehingga Anda akan lebih mudah untuk mengolah pikiran dan menciptakan ide-ide baru. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES