Ekonomi

Ridwan Hisjam Upayakan Sendangbiru Sebagai Pelabuhan Nusantara

Rabu, 16 Oktober 2019 - 21:25 | 53.76k
Anggota DPR RI, Ridwan Hisjam (paling kiri) saat bersama Wakil Menteri ESDM RI, Arcandra Tahar meresmikan sumur bor di Pagak. (foto : Binar Gumilang/TIMES Indonesia)
Anggota DPR RI, Ridwan Hisjam (paling kiri) saat bersama Wakil Menteri ESDM RI, Arcandra Tahar meresmikan sumur bor di Pagak. (foto : Binar Gumilang/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Peningkatan Status Pelabuhan Sendangbiru dari Pelabuhan Rakyat menjadi Pelabuhan Nusantara, menjadi komitmen Anggota DPR RI periode 2019-2024 dari Dapil Malang Raya, Ir HM Ridwan Hisjam.

Hal ini disampaikan Politisi Golkar tersebut saat menghadiri peresmian sumur bor Kementerian ESDM RI di Desa/Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang, Rabu, (16/10/2019).

"Peningkatan status Pelabuhan Sendangbiru menjadi Pelabuhan Nusantara akan kamj upayakan kembali. Pelabuhan Nusantara di tempat tersebut, sebelumnya pernah mengemuka ke permukaan," ujar Ridwan Hisjam.

Dia menjelaskan, saat ini Sendangbiru sebatas hanya sebagai pelabuhan ikan. Kemudian didukung Tempat Pelelangan Ikan yang digunakan untuk mengakomodir hasil ikan tangkapan yang diperoleh oleh para nelayan.

"Kalau pelabuhan Nusantara bisa diterapkan di Sendangbiru, maka kapal besar akan masuk ke tempat tersebut. Sehingga, wilayah Malang Selatan akan tumbuh pesat," ungkapnya.

Menurutnya, ada beberapa manfaat apabila dapat diterapkan status Pelabuhan Nusantara di Sendangbiru. Diantaranya perekonomian akan tumbuh dan terjadi percepatan pembangunan.

"Selain itu, akan mengurangi beban pelabuhan Tanjung Perak. Karena sebagian bebannya nanti akan dialihkan ke Sendangbiru," tuturnya.

Diakuinya tidak mudah untuk mewujudkan mimpi besar menjadikan Sendangbiru menjadi Pelabuhan Nusantara. Karena perlu kesamaan pandangan antara beberapa pihak terkait.

"Tentunya harus dikoordinasikan maupun dikomunikasikan dengan berbagai pihak. Tidak hanya itu, juga membutuhkan investasi yang sangat besar," terangnya.

Kendati untuk mewujudkan hal itu diakui sangat sulit, namun anggota DPR RI,
memiliki keyakinan bahwasanya Sendangbiru nantinya bisa menjadi Pelabuhan Nusantara, asal digarap secara serius dan dapat menyamakan visi maupun misi dari seluruh pihak terkait.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES