Peristiwa Daerah

Pemkab Magetan Bakal Gelar Parade Surya Senja

Rabu, 16 Oktober 2019 - 21:03 | 120.27k
Lapangan alun-alun Magetan yang akan digunakan sebagai lokasi parade surya senja. (Foto: M Kilat Adinugroho/TIMES Indonesia)
Lapangan alun-alun Magetan yang akan digunakan sebagai lokasi parade surya senja. (Foto: M Kilat Adinugroho/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAGETAN – Pemkab Magetan akan menyelenggarakan parade surya senja seperti telah dilaksanakan oleh Pemprov Jatim di Halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya. Yakni, upacara penurunan bendera setiap tanggal 17 sore.

"Rencananya tanggal 17 Oktober ini akan kita mulai. Jadi kalau pagi bendera akan dinaikkan oleh petugas Pemkab, sedangkan sore harinya anak-anak sekolah yang akan melaksanakan upacara penurunan bendera," ujar Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Magetan, Suwoto kepada TIMES Indonesia, Rabu (16/10/2019).

Suwoto mengatakan, kegiatan tersebut akan berlangsung di alun-alun Magetan dan melibatkan pelajar. Nantinya, para petugas upacara penurunan bendera merah putih akan memakai pakaian adat. "Petugasnya nanti akan digilir dan mereka akan menggunakan pakaian adat dari provinsi yang ada di Indonesia," katanya.

Meski demikian, sebelum upacara penurunan bendera dimulai akan ada sejumlah atraksi. Salah satunya, pertunjukan drum band dari para pelajar. "Program ini akan dimulai dari pelajar SMP," terangnya.

Suwoto menjelaskan, kegiatan ini sebagai sarana untuk menumbuhkan serta memupuk semangat nasionalisme dan patriotisme sejak dini. Sehingga, generasi muda dapat memahami bangsanya serta mencintai tanah airnya.

"Harapannya anak-anak paham apa itu bineka tunggal ika, aktualisasinya dari sisi pakaian adat budaya Indonesia," ungkapnya.

Di sisi lain, menurut Bupati Magetan Suprawoto, rencana program parade surya senja sebagai cikal bakal lapangan Pancasila. Pasalnya, pada tahun 2020 mendatang Pemkab Magetan akan mendirikan Tugu Pancasila di alun-alun sebelah selatan. "Lapangan alun-alun Magetan juga bakal disebut dengan lapangan Pancasila," imbuhnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Magetan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES