Peristiwa - Daerah

Kemarau panjang, Pemerintah Desa Kemuning Salurkan Air Bersih ke warganya

Kemarau panjang, Pemerintah Desa Kemuning Salurkan Air Bersih ke warganya Warga desa kemuning saat disalurkan air bersih. (Foto: Istimewa)
Rabu, 16 Oktober 2019 - 20:50

TIMESINDONESIA, SUMBAWA BARAT – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan musim kemarau di sejumlah wilayah Indonesia masih akan terjadi hingga November 2019. Puncak musim kemarau diperkirakan terjadi di September. Akibatnya, sejumlah daerah krisis air bersih, termasuk di kabupaten Sumbawa Barat.

Hal tersebut membuat Erman Maulana Kepala Desa Kemuning Kecamatan Sekongkan Kabupaten Sumbawa Barat  berinisiatif bersama BPD dan warga untuk membeli tandon penampung air dan disalurkan ke warga yang terdampak kekurangan air bersih akibat kemarau panjang.

"Setelah melakukan diskusi bersama BPD dan warga kami lantas membeli tandon dengan ukuran dua ribu lima ratus liter untuk menangangkut air dan kami distribusikan ke seluruh warga Desa Kemuning," tutur Kepala Desa Kemuning kepada media ini Rabu, (16/10/2019).

Untuk anggaran kegiatan pengadaan dan pendristribusian air bersih tersebut, BPD dan warga urunan untuk melakukan kegiatan tersebut, sementara pengajuan penganggaran pemerintah desa disahkan oleh pemerintah daerah. 

"Kami telah bersurat ke bupati, BBPD dan melakukan kordinasi dengan pemerintah kecamatan untuk segera mengesahkan agar pemerintah desa bisa menggunakan anggaran desa untuk situasi yang mendesak seperti bencana  dan lain-lainnya. Contohnya seperti kekeringan saat ini, agar nantinya kami pemerrintah desa bisa menganggarkan untuk itu," ucapnya.

Erman Maulana juga mengucapkan terimakasih kepada BPD dan warga yang terlibat dan kompak melakukan kegiatan sosial tersebut.

"Saya haturkan terimakasih untuk saudara saya Agus Futrahadi dan Johan Untung yang telah respek terhadap situasi yang dialami warga desa ini dan rela kendaraannya (mobil) secara sukarela menjadi armada untuk mendristibusikan air bersih ke warga," pungkas Kades Desa Kemuning.(*)

Jurnalis : Pauzan Basri (MG-94)
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Mataram

Komentar

Registration