Peristiwa - Daerah

Metamorfosis Polres Banyuwangi ke Polresta Banyuwangi Kian Pasti

Metamorfosis Polres Banyuwangi ke Polresta Banyuwangi Kian Pasti Pengantian papan nama (neon box) dari Polres diganti Polresta Banyuwangi. (Foto: Istimewa)
Rabu, 16 Oktober 2019 - 19:46

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Kabar kenaikan level Polres Banyuwangi menjadi Polresta Banyuwangi kian santer diperbincangkan khalayak Bumi Blambangan.

Perubahan tersebut menjadi semakin jelas dengan beredarnya foto di pesan WhatsApp yang menunjukkan pemasangan neon box (papan nama) bertuliskan Polresta Banyuwangi, Rabu (16/10/2019).

Sontak, foto perubahan status itupun disambut positif oleh sejumlah warganet, perbincangan akan pelayanan Polres Banyuwangi pun menjadi hangat di sejumlah grup WhatsApp.

"Alhamdulilah sudah menjadi Polresta, semoga pelayanan ke depan semakin prima lagi. Semangat terus untuk Kepolisian Banyuwangi," tulis Indah NW, salah satu anggota grup Kumpul Tonggo di Kecamatan Sempu.

Sebuah prestasi gemilang di bawah kepemimpinan AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi tersebut, tertuang sesuai dalam Surat Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Drs Syafruddin, M Si, Nomor : B/849/M.KT.01/2019, tertanggal 18 September 2019. Di mana, menyatakan bahwa Menpan RB menyetujui peningkatan tipe 14 Polres, salah satunya Polres Banyuwangi.

Hal tersebut semakin jelas dengan dipertegas oleh keputusan Kapolri pada tanggal 2 Oktober lalu. "Surat keputusan dengan Nomor kep/1892/X/2019 dari pak Kapolri. Yakni statusnya Polres Banyuwangi menjadi Polresta Banyuwangi," kata Kabagsumda SDM Polres Banyuwangi, Kompol Toha Choiri.

Kenaikan status ini, secara otomatis bakal berpengaruh pada perubahan jabatan. Cuci gudang besar-besaran akan terjadi. Biasanya, untuk pangkat sekelas Iptu dan Ipda pun akan bergeser. Begitu juga di jajaran Kasat yang sebelumnya dipimpin AKP, nantinya bakal dipimpin perwira setingkat Kompol.

Sedangkan untuk pimpinan sendiri, tidak akan lagi dipimpin seorang Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP). Namun tongkat komando akan dipegang perwira tinggi Kepolisian berpangkat Komisaris Besar (Kombes).

Metamorfosis ini tentunya sangat membantu peningkatan pelayanan publik serta dapat mendorong percepatan pelaksanaan reformasi birokrasi di lingkungan Polri.

Selain itu, dinamika sosial masyarakat Banyuwangi yang kompleks juga membutuhkan dukungan personel yang memadai, sehingga secara bertahap penambahan personel sangatlah dibutuhkan.

Sebagai informasi, pencapaian Polres Banyuwangi menjadi Polresta Banyuwangi, ini cukup setimpal dengan kinerja dan pelayanan yang diberikan. Saat mengemban tugas, anggota Polisi di Bumi Blambangan, memang tidak hanya mengedepankan penegakan hukum saja. Tapi juga melakukan pembinaan serta pendampingan langsung, guna merubah mindset masyarakat. (*)

Jurnalis : Agung Sedana
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Banyuwangi

Komentar

Registration