Peristiwa - Daerah

Begini Cara Anak Muda Bangkitkan Kembali Bondowoso Republik Kopi

Begini Cara Anak Muda Bangkitkan Kembali Bondowoso Republik Kopi Sejumlah pemuda di Kabupaten Bondowoso saat mengikuti Training of Coffe Barista, di Aula Disparpora. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).
Rabu, 16 Oktober 2019 - 15:57

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Sejumlah pemuda di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur terus bersamangat bangkitkan kembali Bondowoso Republik Kopi (BRK), sebagai barnding Bumi Ki Ronggo. Hal itu diwujudkannya dengan mengikuti Training of Coffe Barista, di Aula Disparpora, Rabu (16/10/2019).

Sebanyak 30 pemuda tersebut, bersemangat dalam memperoleh berbagai pengetahuan tentang kopi, dan cara menyeduhnya.

Resta, Narasumber kegiatan tersebut menerangkan, pihaknya akan menekankan materi perihal attitude sebagai seorang penyeduh kopi. “Karena tugas seorang barista bukan hanya bisa membuat kopi. Tugas mereka banyak sebenarnya, mulai menjaga kebersihan,  talking, dan membuat nyaman para pengunjung,” jelasnya saat di konfirmasi.

Owner Pi Kopi ini juga memaparkan, kegiatan ini menjadi sangat penting, karena di dalamnya ada semangat Bondowoso Republik Kopi (BRK) yang mulai kendor. Untuk itu, melalui kegiatan semacam ini, bisa menjadi ajang untuk mengedukasi kembali masyarakat umum.

"Khususnya pemuda, untuk minimal paham apa itu kopi dan bagaimana cara menangani kopi yang baik dan benar," ucapnya.

Resta menjelaskan, tugas BRK itu belum selesai. Mengingat, sebelumnya BRK hanya di hulu saja. Jadi selanjutnya, bagaimana menangani sektor hilir, yang dinilainya belum disentuh sama sekali.

Sementara itu Sekretaris Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Bondowoso, Retno Marsudi mengatakan, pelatihan ini dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan para peserta dalam hal perkopian. Sekaligus untuk kembali mengkampanyekan BRK yang selama ini sudah digaungkan di Bondowoso.

“Karena itu, setiap tahun kami menggelar kegiatan ini. Selain juga ada edukasi, kegiatan ini juga untuk kewirausahaannya," jelasnya.

Retno berharap, seluruh pihak untuk saling bahu membahu memgedukasi tentang kopi, untuk memantapkan Bondowoso Republik Kopi, khususnya kepada kaum muda. “Bukan hanya antar lintas OPD, namun juga Perbankan untuk turut membantu permodalannya,” harapnya. (*)

Jurnalis : Moh Bahri
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Bondowoso

Komentar

Registration