Selasa, 19 November 2019
Peristiwa - Daerah

Disnaker Kabupaten Malang Gelar Program Padat Karya Infrastruktur

Disnaker Kabupaten Malang Gelar Program Padat Karya Infrastruktur Petugas dari Disnaker Kabupaten Malang saat meninjau rabat beton hasil program padat karya Infrastruktur. (Foto: Disnaker Kabupaten Malang for TIMES Indonesia)
Rabu, 16 Oktober 2019 - 15:43

TIMESINDONESIA, MALANG – Sebanyak 88 orang tenaga kerja, melakukan Padat Karya Infrastruktur yang digelar Disnaker Kabupaten Malang, di Desa Mulyorejo, Kecamatan Ngantang, Rabu (16/10/2019).

Padat Karya Infrastruktur berupa pekerjaan rabat beton sepanjang 300 meter, yang melibatkan masyarakat desa tersebut. Tujuannya, untuk membantu masyarakat dalam melakukan percepatan pembangunan.

Kepala Bidang (Kabid) Penta Kerja Disnaker Kabupaten Malang, Rahmat Yuniman mengantakan, kegiatan ini merupakan implementasi kebudayaan program dari Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) RI.

"Kami meneruskan kebudayaan program dari pusat. Program ini memberdayakan masyarakat sekitar desa ini supaya bersinergi membangun daerahnya dan melibatkan masyarakat untuk meningkatkan ekonomi," ujarnya.

Rahmat menambahkan, Program Padat Karya Infrastruktur ini juga untuk membuka lapangan pekerjaan sementara bagi masyarakat sekitar, supaya dapat mengurangi angka pengangguran sekaligus kemiskinan.

"Program Padat Karya ini sasarannya bagi masyarakat yang belum bekerja atau pengangguran, meskipun itu bersifat sementara. Tentunya bukan pekerjaan reguler, yang penting ada kegotong-royongan dari warga untuk berpatisipasi dalam pembangunan padat karya Infratruktur," bebernya gamblang.

Menurutnya, Padat Karya Infrastruktur tersebut di gelar mulai 23 September 2019 hingga 12 Oktober 2019, dengan kegiatan berupa pekerjaan rabat beton sepanjang 300 meter dan resmi ditutup pada Rabu (16/10/2019).

"Program ini mengusung semangat kegotongroyongan. Selain itu, para pekerjanya yang berasal dari masyarakat juga beri upah selama pekerjaan program ini," terangnya.

Untuk besaran upah sebesar Rp 60 ribu per hari per orang, Kepala Kelompok Rp 70 ribu per hari per orang, sedangkan tukang, Rp 75 ribu per hari per orang.

"Melalui Program Padat Karya Infrastruktur ini memang komitmen Disnaker Kabupaten Malang dalam rangka melakukan percepatan pembangunan dan  pengentasan kemiskinan dengan pemberian upah tersebut," tuturnya. (*)

Jurnalis : Binar Gumilang
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Registration