Indonesia Positif

FKH Unair Surabaya Gelar Pengmas di Nganjuk

Rabu, 16 Oktober 2019 - 15:14 | 154.62k
Peserta pengmas berfoto bersama di lokasi. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Peserta pengmas berfoto bersama di lokasi. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Himpunan Mahasiswa (HIMA) D3 Paramedik Veteriner (Pavet) Unair Surabaya menyelenggarakan pengabdian masyarakat (pengmas) di Dusun Gelur, Desa Siwalan, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jumat-Minggu (11-13/10/2019).

Pengmas Pavet dihadiri oleh Dr. Tri Wahyu Suprayogi, drh., M.Si sebagai Koordinator Program Studi D3 Paramedik Veteriner. Hadir pula Agus Widodo, drh., M.Vet sebagai pembina HIMA, dosen pendamping Miyayu Soneta Sofyan, drh., M.Vet, serta dua supervisor dan residen Kedokteran Hewan UNAIR.

Pengmas juga diikuti oleh perwakilan dari Dinas Pertanian Nganjuk Priyadi, drh. dan paramedis wilayah Hendra Setyawan, serta beberapa mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Brawijaya (UB), FKH Unair, dan mahasiswa Pavet Unair.

Tujuan digelarnya pengmas itu untuk meningkatkan empati dan kepedulian, memupuk jiwa pengabdian, dan membangun kemitraan dengan masyarakat. Pengmas ini adalah program tahunan. Tri Wahyu berharap agar pengmas nasional kali ini dapat mengasah keterampilan paramedik veteriner mahasiswa.

“Harapannya dengan pengmas ini mahasiswa bisa lebih terampil, juga percaya diri melihat potensi profesi paramedik veteriner,” ungkap Tri Wahyu dalam sambutannya.

Sementara itu Priyadi, drh. menyatakan bahwa potensi peternakan di Nganjuk cukup besar. Sehingga, sangat sesuai sebagai tempat pengmas veteriner. Wakil Dinas Pertanian yang juga alumnus UNAIR itu tak lupa menyemangati mahasiswa agar selalu semangat belajar.

Kegiatan inti pengmas adalah sosialisasi materi tentang pakan ternak yang baik beserta cara pengolahannya dan demonstrasi pakan dengan masyarakat desa. Pengmas dilengkapi dengan hiburan berupa acara nonton film pendidikan generasi muda, senam bersama, dan lomba-lomba yang dikemas seru.

Ada pula suntik vitamin gratis untuk ternak kambing dan sapi masyarakat. Acara suntik vitamin gratis ini selain bermanfaat bagi masyarakat juga memberi manfaat pengalaman belajar bagi mahasiswa. Penyuntikan vitamin dilakukan oleh residen Kedokteran Hewan Unair Surabaya dibantu oleh paramedis setempat. Dalam acara inti, cenderamata diberikan kepada pihak dinas, desa, dan koodinator program studi sebagai tanda telah dilakukan acara pengmas nasional di Kabupaten Nganjuk. Kemudian, tak lupa mahasiswa, panitia, dan dosen melakukan foto bersama. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES