Selasa, 12 November 2019
Peristiwa - Daerah

Ken Arok Muncul di Kandang Kampus Polbangtan Malang

Ken Arok Muncul di Kandang Kampus Polbangtan Malang Ken Arok, si bungsu sapi peranakan Belgian Blue yang lahir di Polbangtan Malang, Selasa (15/10/2019) malam. (FOTO: Humas Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)
Rabu, 16 Oktober 2019 - 13:06

TIMESINDONESIA, MALANG – Warga baru hadir di Politeknik Pembangunan Pertanian Malang (Polbangtan Malang). Dia adalah Ken Arok, si bungsu sapi peranakan Belgian Blue (BB). Ken Arok lahir Selasa malam (15/10/2019) sekitat pukul 23.00 WIB dengan bobot badan 44 kilogram.

Ken Arok merupakan hasil inseminasi buatan (IB) dari pejantan BB Tresor dengan betina Fresian Holstein bernama Zepti.

Menurut Adi Susanto, penanggung jawab laboratorium produksi ternak Polbangtan Malang, proses kelahiran Ken Arok berjalan secara normal dan lancar. "Induk dan anak semuanya sehat," ucapnya, Rabu (16/10/2019).

Ternak-Polbangtan-Malang.jpg

Direktur Polbangtan Malang Dr Bambang Sudarmanto menyebut kelahiran Ken Arok sebagai kado spesial. "Ini adalah hadiah untuk Hari Pangan Sedunia," kata dia.

Menurut Bambang, pengembangan sapi BB sangat mendukung pembelajaran berbasis Teaching factory (TEFA) produksi ternak, dan merupakan bangsa sapi yang digalakkan pengembangannya di Indonesia.

Ia menambahkan, dengan potensi bobot badan yang bisa mencapai 1,8 ton, pengembangan sapi BB merupakan salah satu solusi untuk mendukung swasembada daging di Indonesia.

Dengan kelahiran Ken Arok, sudah 5 ekor peranakan sapi BB yang lahir di Polbangtan Malang, terdiri atas 3 ekor jantan dan 2 ekor betina. (*)

Jurnalis :
Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Registration