Peristiwa Daerah

Dukung Sektor Pariwisata, GenBi Jember Gelar ‘Bersih Indonesia 2019’

Rabu, 16 Oktober 2019 - 12:46 | 76.97k
Komunitas GenBi Jember. (Foto : Dokumentasi TIMES Indonesia)
Komunitas GenBi Jember. (Foto : Dokumentasi TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Generasi Baru Indonesia (GenBi) Jember, gelar ‘Bersih Indonesia 2019’. Kegiatan bertema ‘Aksi Bersama Kelola Sampah dan Lestarikan Alam Bangun Ecotourism’ ini rencananya dilaksanakan selama tiga hari di tiga kabupaten berbeda di Jawa Timur, yakni Lumajang, Sitobondo dan Banyuwangi.

“Besok, tanggal 17 Oktober 2019, kegiatan dilaksanakan di Kabupaten Lumajang dan Situbondo, dilanjutkan tanggal 19-20 Oktober 2019 bertempat di Banyuwangi, ucap Humas Bersih Indonesia 2019, Dandy Ardiyansyah, Rabu (16/10/2019).

Hari pertama acara, komunitas penerima beasiswa Bank Indonesia melakukan tiga kegiatan sekaligus di dua Kabupaten, Lumajang dan Situbondo. Berupa Workshop penguatan ekonomi lokal dan pengembangan Wisata Ranu Klakah, Lumajang. Pemateri dihadirkan dari dinas pariwisata, dinas kelautan dan perikanan setempat.

Dandy menjelaskan, kegiatan ini akan dilaksanakan secara pararel dan dilanjutkan acara bersih-bersih lingkungan sekitar taman dan tepian Wisata Ranu Klakah. Disini, anggota GenBi Jember berbaur bersama elemen masyarakat memunguti sampah dilokasi setempat.

Bersih-Indonesia-2019.jpg

“Tujuan aksi lingkungan ini untuk membudayakan masyarakat sekitar agar lebih sadar pentingnya menjaga kebersihan dalam upaya mendorong kemajuan wisata ranu klakah,” ungkapnya.

Tak hanya itu, guna menarik simpati kaum milenial, juga dilakukan Mural Art massa. Berbagai macam lukisan indah akan ditorehkan didinding danau. Termasuk pelepasan 5000 benih ikan didanau eksotis tersebut.

Diwaktu bersamaan, berbagai kegiatan juga digeber GenBi Jember di Kabupaten Situbondo. Mulai dengan Workshop Ecobric yang diikuti kaum hawa komunitas peduli sampah. Transplantasi terumbu karang di Wisata Bahari Pantai Pasir Putih. Serta pemasangan Temporary Storage berupa keranjang sampah raksasa.

Sedang pada Sabtu-Minggu, 19-20 Oktober 2019, seluruh kegiatan fokus di Bumi Blambangan. Diawali seminar dan workshop yang diikuti 100 orang anggota GenBi, di hotel Aston Banyuwangi.

“Tanggal 20 Oktober 2019 kegiatan akan dilanjutkan di wisata bahari Pantai Cemara, dengan beberapa agenda yakni pelepasan tukik dan pemberian tempat sampah di sekitar pantai,” kata Dandy.

Bersih Indonesia 2019, sengaja digelar GenBi Jember sebagai bentuk kepedulian serta upaya menjaga kelestarian Lingkungan hidup. Dan mengajak para kaum milenial untuk menjadi garda terdepan penggerak kaum muda untuk melestarikan alam guna mendorong tumbuh kembang Ecotourism. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES