Kesehatan

Ingin Tetap Bugar Meski Seharian di Kantor? Lakukan Tips Ini

Rabu, 16 Oktober 2019 - 06:08 | 69.90k
Ilustrasi - Tips olahraga ringan saat dikantor (FOTO: verv.com)
Ilustrasi - Tips olahraga ringan saat dikantor (FOTO: verv.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebuah penelitian yang dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Alberta, Kanada, menjelaskan, orang yang bekerja di belakang meja mulai pukul delapan pagi sampai lima sore pasti sering mengeluh pegal-pegal pada punggung serta kaku di bagian otot-otot tubuhnya.

Keluhan tersebut terjadi karena kebiasaan bekerja duduk terlalu lama yang bisa mengakibatkan penyumbatan pada pembuluh-pembuluh darah. Melakukan sedikit pergerakan di kantor akan mengurangi keluhan pegal-pegal dan membuat tubuh tetap bugar sepanjang hari.

Dilansir dari Klik Dokter, berikut ini ada beberapa latihan atau olahraga ringan yang dapat dilakukan di belakang meja agar tubuh tetap bugar.

1. Memperbaiki postur tubuh
Postur tubuh yang baik adalah tegak, bahu ditarik ke belakang dan bagian atas monitor harus sejajar dengan mata. Jika harus melihat monitor ke arah bawah atau atas, maka perlu menyesuaikan ketinggian dari kursi agar sejajar. Serta pergelangan tangan tidak menggantung di atas keboard atau mouse pad. Hindari posisi postur membungkuk, apalagi jika Anda melakukannya dengan terlalu lama.

2. Melakukan latihan peregangan secara teratur
Sesekali lakukanlah peregangan di kantor, guna menjaga kelenturan dan sekaligus proses relaksasi otot.  Latihan peregangan pada tangan, kaki, leher dan dada. Anda bisa melakukannya sambil duduk. Tidak sulit kok melakukannya.

3. Jangan duduk terlalu lama
Usahakan untuk berdiri setiap setengah jam sambil berjalan-jalan sedikit. Hal ini membantu sirkulasi darah supaya normal. Ketika Anda sedang istirahat makan siang, jangan tetap duduk di depan komputer Anda, cobalah untuk menggunakan waktu tersebut untuk membakar kalori tambahan. 

4. Istirahat sejenak dari layar monitor
Alihkan fokus dan perhatian dari layar komputer setiap 30 menit atau lebih dengan melihat pemandangan lain, seperti jendela, jam, meja atau benda disekitar. Hal ini membantu gerakan mata dan mengurangi iritasi mata dan sakit kepala.

5. Ambil napas dalam-dalam
Cobalah untuk menarik nafas dalam-dalam dengan menggunakan otot perut, tahan perut selama beberapa detik ketika bernafas dan kemudian lepaskan bersamaan dengan mengeluarkan napas. Jika memungkinkan cobalah menghirup udara segar diluar ruangan kantor beberapa saat, karena ini baik untuk paru-paru dan pikiran.

6. Mengonsumsi air putih yang cukup
Jika asupan air didapatkan dengan cukup maka akan membuat seseorang lebih waspada. Karenanya jangan malas untuk mengisi ulang air, selain bisa mendapatkan air yang cukup juga baik untuk olahraga kaki secara bersamaan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES