Pendidikan

Menag RI: Universitas Salah Satu Tempat untuk Menjaga Kesempurnaan Ajaran Islam

Selasa, 15 Oktober 2019 - 23:11 | 54.05k
Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin saat tandatangani Shof lounching gedung UIN mataram. (Foto: Istimewa)
Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin saat tandatangani Shof lounching gedung UIN mataram. (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, MATARAM – Menteri Agama RI (Menag RI), Lukman Hakim Saifudin mengatakan di era digital saat ini, keberislaman membutuhkan referensi keilmuan dan pengetahuan yang terjaga dari institusi yang diakui keberadaannya. Salah satunya adalah Universitas.

Menurut dia, sebuah universitas adalah salah satu tempat untuk menjaga kesempurnaan ajaran Islam yang diajarkan oleh guru dan orangtua sejak dahulu hingga saat ini.

Hal tersebut disampaikan Menag RI Lukman Hakim Saifudin didampingi Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah saat meresmikan proyek pembangunan sembilan gedung baru dan infrastruktur pendukung Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram di Mataram NTB, Selasa (15/10/2019).

Sebagai bagian dari umat digital, kata Menag, informasi yang berkembang di media sosial ikut berpengaruh pada bentuk keberagamaan kita. Untuk itu, perguruan tinggi menurutnya mengemban fungsi dan menjaga kehidupan keagamaan dari apa yang telah diwariskan oleh guru dan orangtua terdahulu, yakni cara berislam yang moderat dan tidak ekstrem. 

Di dalam perguruan tinggi, lanjut Menteri Lukman Hakim selain sebagai upaya mengembangkan sarana mencari ilmu pengetahuan tentang Islam juga sebagai sarana kehidupan keberislaman. Karena Islam sudah pasti sempurna tapi cara kita memahami nilai nilai kesempurnaan bergantung kepada wadah tempat mencari pengetahuan dan ilmu tersebut, tegasnya.

"Perguruan tinggi mengajarkan kita bagaimana kearifan dari guru dan orangtua yang memaknai Islam wasathiyah atau Islam moderat dalam perilaku,” ujar Menteri Agama.

Senada dengan Meteri, Gubernur Nusa Tenggara Barat yang akrab disapa Bang Zul berharap Lembaga dan Institusi Agama harus menjadikab dirinya sebagai Mercusuar di era artificial intelligence

Sebab menurut Zul, perkembangan bidang artificial intelligence (kecerdasan buatan) menyebabkan orang penuh kegelisahan dan tidak tenang, sehingga butuh mercusuar untuk membimbing dan petunjuk jiwa yang menghantarkan masyarakat lebih baik dimasa yang akan datang.

“Beberapa hari yang lalu Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengadakan rapat kerja Nasional di Mandalika Lombok Tengah NTB. Di mana ada harapan besar masyarakat agar peran Kementerian Agama, Majelis Ulama Indonesia dan Lembaga lainnya menjadi pembimbing dan petunjuk jiwa untuk masyarakat di abad modern ini,” tegasnya.

Menurut Doktor Zul, di masa yang akan datang dengan kemajuan artificial Intelligence, mungkin akan ada foto atau video Pak Menteri Agama, namun menggunakan suara orang lain, sehingga kita tidak bisa membedakan itu suara Menteri Agama yang asli atau bukan. Begitupun tuan guru Turmudzi misalnya, mengeluarkan fatwa dengan mimik yang sama tapi suaranya itu bukan suara beliau. "Ini yang harus kita antisipasi,” jelasnya.

Kehadiran Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram NTB ini, diharapkannya dimasa yang akan datang menjadi Universitas Islam kelas dunia, yang dapat mendidik generasi cerdas yang dan lebih baik lagi mengerti tentang agama dan perkembangan dunia IT.

“Ketika memasuki area ini, terlihat sekali perbedaan dari bulan yang lalu. UIN Mataram sudah menunjukan tanda-tanda akan menjadi institusi Pendidikan Islam kelas dunia di masa yang akan datang,” tutur Doktor Zul.

Sembilan bangunan milik UIN Mataram adalah kerjasama Kementerian Agama dan Islamic Development Bank. Sejumlah 58 bangunan fisik dari kerjasama ini, 17 diantaranya adalah yang dibangun di UIN Mataram. Pembangunan fisik institusi Pendidikan Islam itu, tidak hanya bersumber dari APBN tapi juga sejumlah kerjasama institusi luar negeri agar ajaran Islam dan keberagamaan Islam yang universal dapat terus terjaga. 

Sembilan gedung baru Universitas Islam Negeri Mataram yang diresmikan Menag RI ini adalah untuk Polyclinic, General Library & ICT Center, Integrated Class Room tiga gedung, Integrated Laboratory, Training Centre, Multi Purpose Building dan Research Centre.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Mataram

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES