Peristiwa Nasional

Resmi Beroperasi, Tol Langit Palapa Ring Koneksikan 514 Kabupaten/Kota

Selasa, 15 Oktober 2019 - 17:10 | 157.35k
Infografis Tol Langit Palapa Ring (Foto: Kemkominfo RI for TIMES Indonesia)
Infografis Tol Langit Palapa Ring (Foto: Kemkominfo RI for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika RI (Menkominfo RI) Rudiantara memastikan Proyek Palapa Ring, atau dikenal dengan Tol Langit, secara keseluruhan telah resmi beroperasi dan menghubungkan 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Menurut Rudiantara, meski baru diresmikan, Palapa Ring Barat sebetulnya sudah selesai tahun lalu, sedangkan Palapa Ring tengah sampai di provinsi Maluku sudah selesai di awal tahun.

Sementara Palapa Ring Timur menemui banyak hambatan selama masa konstruksi, seperti  kondisi geografis yang tidak menentu, sehingga target penyelesaiannya baru selesai pada Agustus 2019.

"Palapa ring timur ini khususnya yang mencakup Papua, Maluku, NTT sampai ke Kabupaten Rote Ndao, rencana awalnya pada akhir kuartal kedua, namun di Papua kondisi geografisnya tidak memungkinkan kami untuk tepat waktu hingga baru selesai Agustus kemarin," jelasnya.

Rudiantara menegaskan jika proyek Palapa Ring atau Tol Langit ini telah memberikan layanan komunikasi kepada seluruh masyarakat di Indonesia, melalui internet kecepatan tinggi. Pemanfaatan Palapa Ring sendiri akan lebih dirasakan oleh masyarakat di daerah-daerah pelosok.

Menurutnya, hal tersebut membuktikan komitmen pemerintah yang tidak Jawa Sentris, tetapi Indonesia Sentris. “Di Papua kami membangun di 30 kabupaten/kota baru yang tidak ada jaringan tulang punggung atau backbone internet kecepatan tinggi. Jadi, Palapa Ring itu adalah seperti jalan tol untuk internet kecepatan tinggi," sambung Rudiantara.

Dengan peresmian Tol Langit ini, Menkominfo RI Rudiantara tak lupa menyampaikan terima kasih kepada seluruh ekosistem yang berperan dan berkomitmen menyelesaikan Palapa Ring dalam lima tahun terakhir. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Setkab

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES