Entertainment

Sulli f(x) Meninggal karena Bunuh Diri, Ini Sebab Banyak Artis Korea Bunuh Diri

Sulli f(x) Meninggal karena Bunuh Diri, Ini Sebab Banyak Artis Korea Bunuh Diri Penyanyi dan aktris Sulli f(x) (FOTO: (Foto: jelly_jilli/Instagram)
Selasa, 15 Oktober 2019 - 06:10

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Penyanyi dan aktris Sulli f(x) ditemukan meninggal dunia di kediamannya di Seongnam, Korea Selatan pada Senin (14/10/2019). Kabar meninggalnya pesohor Korea Selatan ini pun dengan cepat menjadi bahan perbincangan. Saat ini, kepolisian Korea masih menyelidiki penyebab kematian Sulli dengan asumsi karena bunuh diri.

Jika terbukti meninggalnya Sulli karena bunuh diri, tentu ini menambah daftar panjang artis Korea Selatan yang mengakhiri hidupnya dengan cara ini. Sebenarnya apa yang memicu banyaknya artis Korea Selatan bunuh diri?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini penyebab seseorang memutuskan untuk bunuh diri.

1. Adanya tekanan karir dan popularitas

Menurut Hwang San-Min, psikolog di Universitas Yonsei, Seoul, kecenderungan bunuh diri di kalangan orang-orang terkenal yang masih muda umumnya karena tekanan karir dan popularitas.

"Bagi pesohor Korea Selatan, menjadi public figure itu artinya Anda harus selalu tampil hebat, cemerlang, dan dipuja-puji,” kata Hwang San-Min, seperti dilansir dari Hipwee.

Hal tersebut juga didukung oleh sistem manajemen yang menjadikan artis dinaunginya layaknya ‘robot’ yang tidak punya perasaan. Ini pula yang membuat sebagian idol K-pop hengkang dari agensi naungannya.

2. Tekanan dari fans

Selain tekana karir dan popularitas, fans (penggemar) adalah sebuah tekanan bagi idol K-pop itu sendiri. Para penggemar akan melakukan apapun demi memuja idola mereka. Inilah yang membuat para bintang hidup dalam tekanan.

Mereka tidak boleh merasa lelah, tertekan, kesepian, marah, jenuh di depan public, bahkan mereka tidak boleh menjalin hubungan asmara dengan sesama idol k-pop. Maka tidak jarang kita melihat para idol menjalin hubungan asmara dengan cara sembunyi-sembunyi.

2. Persaingan keras

Persaingan di dunia entertainment Korea Selatan dikenal keras dan tak kenal lelah. Bagi siapapun yang tak siap bekerja tanpa mengenal waktu maka dia perlahan-lahan akan tersingkir. Dengan begitu, para selebritisnya pun tak punya cara lain agar bisa bertahan selain semakin berusaha memberikan yang terbaik.

Saat merasa sudah tidak dapat memberikan yang terbaik, mereka dengan mudah bisa membuat pilihan yang tragis, seperti bunuh diri.

Selain Sulli f(x), beberapa pesohor Korea Selatan yang meninggal karena bunuh diri antara lain Jonghyun SHINee, Ahn Jae Hwan, dan Jang Ja Yeon. Tingginya angka bunuh diri membuat pemerintah Korsel mencari berbagai cara untuk mencegahnya. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Registration