Gaya Hidup

Cara Mudah dan Cepat Mengatasi Rasa Cemas Berlebih

Selasa, 15 Oktober 2019 - 02:57 | 136.16k
ILUSTRASI - Rasa Cemas. (FOTO: Shutterstock)
ILUSTRASI - Rasa Cemas. (FOTO: Shutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sering merasa cemas karena berbagai macam urusan memang sangat wajar dialami oleh banyak orang. Namun, rasa cemas tak boleh dibiarkan, karena bisa berdampak pada kondisi psikis dan menyebabkan depresi. Anda harus segera mengatasi rasa cemas dengan tepat.

Apabila Anda sering diserang rasa cemas dan sampai memengaruhi produktivitas, coba lakukan hal-hal berikut, dilansir dari Klik Dokter.

1. Olahraga

Tidak hanya membantu meningkatkan kesehatan fisik, olahraga juga telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan mental. Salah satunya adalah meredakan kecemasan.

Saat olahraga, maka akan ada pelepasan hormon bahagia dalam tubuh, sehingga menciptakan rasa senang dan relaks setelahnya.

2. Minum air putih yang cukup

Tidak hanya dapat mencukupi kebutuhan cairan sehari-hari, minum air putih juga dapat menurunkan rasa cemas kerap Anda rasakan. Jika rasa cemas sudah mulai merasuki, minumlah segelas air putih dingin.

3. Meditasi

Selain olahraga, meditasi juga bisa membantu meningkatkan ketenangan dan menurunkan kadar stres. Ada banyak jenis meditasi yang bisa Anda lakukan, misalnya saja yoga.

Ambil waktu sekitar 20-30 menit sebelum tidur untuk berdiam diri melakukan meditasi. Duduk di ruangan yang sunyi sambil memejamkan mata, tambahkan juga dengan musik yang menunjang untuk menenangkan pikiran, seperti musik klasik atau white noise seperti suara-suara alam.

4. Lakukan juga relaksasi

Salah satu respons terhadap kecemasan adalah otot tegang dan rahang kencang. Jika ini terjadi, cobalah untuk relaksasi.

Anda bisa berbaring dalam posisi yang nyaman supaya otot-otot menjadi relaks. Lemaskan otot tubuh mulai dari jari kaki, lalu naik ke bahu, hingga rahang. Saat melakukannya, Anda juga bisa melakukan teknik pernapasan dalam.

5. Bicara dengan orang-orang terdekat

Tidak ada yang lebih baik dari mencurahkan perasaan kepada orang-orang yang Anda percaya. Meski tak menjamin bisa mengatasi sumber rasa cemas, tetapi paling mereka bisa memberikan saran atau sekadar menjadi pendengar yang baik.

6. Jangan lupa me-time

Meski sibuk, usahakan untuk mencari waktu khusus untuk menyenangkan diri sendiri. Misalnya ambil cuti beberapa hari untuk traveling, mempercantik diri ke salon, spa, atau klinik kecantikan, menonton film yang sedang tayang di bioskop, menghadiahi diri dengan barang-barang yang sudah lama Anda inginkan, dan lain-lain.

Jangan untuk membatasi penggunaan smartphone supaya tidak terganggu dengan urusan pekerjaan atau urusan lainnya yang bikin cemas.

Enam cara di atas bisa mengatasi rasa cemas dengan cepat. Jika cemas yang Anda rasakan sudah menurunkan kualitas hidup Anda, sebaiknya kunjungi psikiater atau psikolog untuk konsultasi lebih lanjut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES