Peristiwa Daerah

Tol Pandaan-Malang Seksi IV Singosari-Pakis Siap Dioperasionalkan

Senin, 14 Oktober 2019 - 20:15 | 97.52k
Tol Pandaan-Malang Seksi IV Singosari Pakis yang siap dioperasionalkan. (FOTO : dokumen Kemen-PUPR)
Tol Pandaan-Malang Seksi IV Singosari Pakis yang siap dioperasionalkan. (FOTO : dokumen Kemen-PUPR)

TIMESINDONESIA, MALANG – Ruas jalan tol Pandaan-Malang Seksi IV Singosari-Pakis sepanjang 4,75 km siap dioperasionalkan karena termasuk proyek pembangunan jalan tol yang diselesaikan Kementerian PUPR RI (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI) hingga akhir 2019 nanti.

Hingga akhir tahun 2019, panjang jalan beroperasi ditargetkan lebih kurang 1.500 Km atau melebihi target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 yang panjangnya 1.000 Km.

Progres konstruksi seksi IV Singosari-Pakis sebenarnya saat ini sudah rampung bahkan telah selesai melewati uji laik fungsi oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR RI.

Tol-Pandaan-Malang-a.jpg

Sementara seksi V Pakis-Malang, berdasarkan data saat ini progres konstruksinya sudah sebesar 77,3% dan direncanakan dapat dibuka fungsional untuk mendukung kelancaran mudik Libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Terkait ditemukannya situs bersejarah pada ruas tersebut, pihak BUJT (Badan Usaha Jalan Tol) telah menggeser trase jalan di titik tersebut sekitar 17 meter ke arah Timur.

"Bila seksi IV-V selesai bisa langsung dioperasikan saja (tidak perlu diresmikan lagi). Ruas tol ini sudah sangat ditunggu masyarakat, karena itu kita percepat pemanfaatannya," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu.

Pada mudik Lebaran 2019 lalu, seksi IV ini juga sudah dibuka fungsional untuk mendukung kelancaran lalu lintas.

Tol Pandaan-Malang terdiri dari 5 seksi yang terbagi menjadi Seksi 1 Pandaan-Purwodadi sepanjang 15,4 km, Seksi 2 Purwodadi-Lawang sepanjang 8 km, Seksi 3 Lawang-Singosari sepanjang 7,1 km, Seksi 4 Singosari-Pakis sepanjang 4,75 km, dan Seksi 5 Pakis-Malang sepanjang 3,1 km.

Pembangunan tol Pandaan-Malang sepanjang 38,35 km dilaksanakan oleh BUJT PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) yang sahamnya dimiliki Jasa Marga sebesar 60%, PT Pembangunan Perumahan (Persero) sebesar 35% dan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) sebesar 5%, dengan biaya investasi sebesar Rp 5,9 triliun. Sedangkan nilai konstruksi sebesar Rp 3,7 triliun dikerjakan oleh PT Pembangunan Perumahan (PP). 

Jalan tol ini juga diharapkan semakin menunjang sektor pariwisata seperti kawasan wisata dan taman safari Prigen, Kebun teh Wonosari, Candi Singosari dan kawasan wisata Batu. Selain itu juga akan meningkatkan akses KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Singosari dan Bandara Abdul Rachman Saleh.

Jalan tol ini memiliki pemandangan alam yang indah di kanan kiri jalan, terutama di rest areanya yang berhadapan langsung dengan Gunung Bromo dan Semeru di sisi timur ruas tol jika dari arah Malang, Gunung Arjuno di sisi barat, Gunung Kawi di sisi barat daya, Gunung Panderman di Kota Batu dan ditambah Gunung Penanggungan di wilayah Pandaan.

Ruas jalan tol Pandaan-Malang Seksi IV Singosari-Pakis sepanjang 4,75 km siap dioperasionalkan karena termasuk proyek pembangunan jalan tol yang diselesaikan Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) hingga akhir 2019 nanti. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES