Peristiwa - Daerah

Sambut Bulan Sumpah Pemuda, Karang Taruna Kragan Gelar Bazar dan Pentas Seni

Sambut Bulan Sumpah Pemuda, Karang Taruna Kragan Gelar Bazar dan Pentas Seni Salah satu pertunjukan kesenian dalam acara pekan budaya sumpah pemuda yang digelar Karang Taruna Bhakti Manunggal Desa Kragan, Rembang, Senin,(14/10/2019) (Foto: Istimewa)
Senin, 14 Oktober 2019 - 20:06

FOKUS BERITA

Sumpah Pemuda Milenial

TIMESINDONESIA, REMBANG – Pemuda Karang Taruna (Katar) Bhakti Manunggal Desa/Kecamatan Kragan, Rembang, Jawa Tengah, menyambut bulan Sumpah Pemuda dengan kegiatan bazar dan pentas seni kebudayaan selama dua minggu penuh pada (12-26/10/2109). 

Bazar dan pertunjukan seni budaya yang dipusatkan di lapangan Desa Kragan, sebelah selatan SD N 1 Kragan ini, juga melibatkan 100 lebih pedagang kecil dari Desa Kragan dan sekitar. Kegiatan pekan budaya bulan sumpah pemuda ini bebas untuk masyarakat umum.

"Pekan budaya sumpah pemuda ini merupakan even tahunan kami, dan ini penyelenggaraan yang ke dua. Di pekan budaya tahun ini kita ramaikan dengan lebih banyak macam kegiatan seni budaya tradisional yang pengisi acaranya adalah pemuda-pemudi desa Kragan," kata Ketua Katar Bhakti Manunggal Desa Kragan, Edy Susanto, Senin,(14/10/2019).

Bulan-Budaya-1.jpg

Selain itu, lanjutnya, tujuan utama dari penyelenggaraan Pekan Budaya Bulan Sumpah Pemuda ini adalah untuk mengangkat potensi pemuda di Kragan agar tetap kreatif dalam mengangkat potensi desa. Sehingga harapannya nanti Desa Kragan bisa menjadi desa berkembang dan berdaya di Kabupaten Rembang.

"Di momen bulan sumpah pemuda ini, kita ingin mengajak masyarakat Kragan, khususnya pemuda agar meniru semangat juang pemuda dahulu dalam menyatukan NKRI. Salah satunya ya dengan cara pekan budaya ini," beber Santo sapaan akrabnya.

Dan untuk mengangkat budaya kesenian tradisional, panitia juga mengundang sejumlah pelajar sebagai pengisi acara pertunjukan. "Di sini juga ada tarian-tarian budaya dari pelajar. Kemudian ada juga musik hiburan dari bintang tamu pilihan sebagai penyemarak acara," imbuhnya.

Ditambahkan Santo, selain untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda, bazar ini juga bertujuan untuk mengangkat UMKM dan pedagang kecil di Kragan. "Kita ingin pengusaha kecil di Kragan dan sekitarnya juga bisa mengambil keuntungan dari even yang kita gelar selama dua minggu penuh ini," tambahnya.

Dan sebagai hiburan serta menarik minat masyarakat, setiap harinya ada pertunjukan Pensi musik yang diisi band-band lokal Kragan serta sekitarnya. "Pekan budaya ini juga bisa menjadi tempat kreativitas pemuda dalam menunjukan potensi kesenian mereka," jelasnya.

Panitia berharap, Pemkab Rembang kedepan bisa ikut membantu dan mensupport kegiatan Katar Kragan dalam acara semacam ini. Pasalnya, Dinas terkait kurang mendukung kegiatan gelaran pekan budaya Katar Kragan tahun ini.

"Tentu kita juga sangat mengharapkan kerja sama dari dinas, dengan demikian acara yang kita gelar ini bisa semakin maksimal. Dan Insya Allah tahun 2020 kita juga akan melaksanakan pekan budaya kembali," tandasnya.

Sementara itu, Camat Kragan, Suprapto, mengapresiasi dan sangat mendukung kegiatan pekan budaya yang diselenggarakan pemuda karang taruna Bhakti Manunggal Desa Kragan. "Kami apresiasi sekali kegiatan pekan budaya dalam rangka menyambut bulan Sumpah Pemuda ini. Tentu kegiatan ini sangat positif dan bagus untuk membangun pemuda desa yang kreatif sebagai motor penggerak pembangunan desa," kata Suprapto.

Disampaikan Camat, even yang diselenggarakan pemuda Desa Kragan ini juga bisa ditiru pemuda desa lain di Kecamatan Kragan. "Kami sudah bentuk forum diskusi Karang taruna sekecamatan Kragan, dimana dalam forum tersebut berisi diskusi tentang upaya pengembangan potensi desa yang bisa dikembangkan. Dan Katar Desa Kragan saat ini sudah memulai aksi itu dengan kegiatan pekan budaya ini," bebernya.

Suprapto berharap, Pekan Budaya Bulan Sumpah Pemuda yang digelar Karang Taruna Kragan ini bisa membuat masyarakat serta pemuda di desa-desa semakin bersemangat dalam mengawal pembangunan di desa mereka, khususnya di Desa Kragan. (*)

Jurnalis : Achmad Choirudin
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Registration