Peristiwa Daerah

UII Gelar Pelatihan Aplikasi E-Performance Berbasis Balance Scorecard

Senin, 14 Oktober 2019 - 18:17 | 82.10k
Suasana pelatihan Aplikasi E-Performance Berbasis Balance Scorecard yang digelar oleh Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi UII. (FOTO: Ahmad Tulung/TIMES Indonesia)
Suasana pelatihan Aplikasi E-Performance Berbasis Balance Scorecard yang digelar oleh Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi UII. (FOTO: Ahmad Tulung/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Islam Indonesia (UII) menggelar kegiatan Pelatihan Aplikasi E-Performance Berbasis Balance Scorecard.

Pelatihan ini menghadirkan pembicara Ade Ahmad Rozi, MBA, Ph.D Chief Executif Officer Havara Consulting yang juga alumni Jurusan Manajemen FE UII tahun 1990.

Ketua Jurusan Manajemen FE UII, Arif Hartono mengatakan, dalam menghadapi revolusi industri 4.0 aplikasi E-Performance memiliki dua tujuan strategis. Pertama, sebagai upaya dalam mendukung implementasi teknologi informasi dalam mengelola bisnis, kedua sebagai upaya untuk mengendalikan proses implementasi strategi perusahaan melalui kinerja karyawan.

“Secara umum, aplikasi ini mampu membantu organisasi dalam memformulasikan strategi, menyusun key performance index (indeks utama kinerja), menyusun dan menyalirkan balance scorecard, serta memonitor dan mengevaluasi kinerja karyawan,” kata Arif

Pelatihan ini ditujukan untuk para Dosen Jurusan Manajemen FE UII guna memutakhirkan pengetahuan dan wawasan para Dosen mengenai perkembangan ilmu manajemen strategis dan implementasi balance scorecard dalam mengelola kinerja sumber daya manusia.

Aplikasi E-Performance yang digunakan dalam kegiatan ini memiliki nama HIPRO yang merupakan hibah senilai Rp 200 juta pemberian dari Ade Ahmad Rozi, MBA, Ph.D Chief Executif Officer Havara Consulting, yakni sebuah perusahaan konsultan di bidang manajemen. Pemberian hibah ini adalah bentuk kontribusi alumni dalam menebar manfaat secara luas bagi masyarakat.

“Aplikasi karya anak bangsa ini, dirancang khusus untuk para Top Management, Baranch Manager dan Strategic Management Office. Aplikasi E-Performance ini berfungsi untuk memonitor capaian kinerja organisasi dan pegawai secara berkala baik bulanan, kuartal, semester maupun tahunan,” ungkap Arif

Menurut Ade, salah satu tantangan dalam organisasi itu adalah bagaimana menyelaraskan pengukuran kinerja organisasi dan pegawai. Jadi apa yang direncanakan di pusat dengan apa yang dilakukan di bawah tidak sesuai.

“Hal ini tantangan terberat bagi top management, karena itu dengan bantuan Aplikasi ini dapat memudahkan dalam menyusun kinerja organisasi,” terang Ade saat Konferensi Perss di Gedung FE UII Condong Catur, Depok, Sleman. Senin (14/10/2019).

Ia berharap, setelah kegiatan ini Aplikasi E-Performance akan diintegrasikan dalam pengajaran mata kuliah Manajemen Kinerja sebagai upaya dalam mengadopsi perkembangan teknologi dalam mata kuliah dan sekaligus meningkatkan komptensi teknis dan manajerial mahasiswa.

Pemanfaatan lain dari aplikasi ini adalah tidak hanya terbatas pada integrasi dalam mata kuliah, namun juga diimplementasikan dalam pengelolaan kinerja sumber daya manusia di Kampus UII sebagai bagian dari upaya peningkatan kualitas operasional dan manajerial.

Melalui implementasi aplikasi tersebut, jurusan Manajemen FE UII diharapkan mampu memonitor dan mengevaluasi kinerja para dosen secara akurat dan berdampak dalam meningkatkan kinerja dosen.

“Aplikasi ini selain penerapannya di kampus, Jurusan Manajemen FE UII punya agenda bersama dengan Havara Consulting untuk memberikan pelatihan bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam rangka meningkatkan daya saing sebagai bentuk implementasi Tri Dharma perguruan tinggi kepada masyarakat dan tanggungjawab sosial Havara Consulting kepada masyarakat,” tutur Arif

Kegiatan ini sebenarnya program pengembangan tata kelola FE UII pada aspek pengembangan kerjasama dan kemitraan. Jadi salah satu syarat untuk mendapat akreditasi Internasional adalah melalui pengembangan kompetensi lulusan dan juga kerjasama serta kemitraan dengan dunia industri.

“Semoga di masa mendatang Jurusan Manajemen FE UII selalu disesuaikan dengan perkembangan dunia bisnis secara berkelanjutan dan di saat yang sama, mampu mengelola para dosen untuk meningkatkan kapasitas melalui pemanfaatan teknologi yang memberi dampak luas kepada mahasiswa dan masyarakat,” kata Arif Ketua Jurusan Manajemen FE UII ini. (*)

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Yogyakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES