Politik

Ahmad Basarah: PDI Perjuangan Tak Persoalkan Gerindra Masuk Kabinet Jokowi

Senin, 14 Oktober 2019 - 16:42 | 46.17k
Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah. (dok/TI)
Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah. (dok/TI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah menuturkan bahwa partainya tak keberatan jika Partai Gerindra bergabung dalam koalisi dan masuk dalam kabinet pemerintahan Jokowi-KH Ma'ruf Amin.

"PDI Perjuangan mempersilakan apapun keputusan Pak Jokowi untuk menyusun kabinet yang akan dipimpinnya, termasuk di antaranya melibatkan partai di luar Koalisi Indonesia Kerja, itu adalah wewenang prerogatif presiden," ujar Basarah di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (14/10/2019).

Basarah menegaskan, Presiden Jokowi memiliki hak prerogatif untuk memilih menteri di kabinet kerja jilid II. "PDI Perjuangan menyerahkan sepenuhnya keputusan mengenai komposisi kabinet kepada keputusan politik presiden Joko Widodo," tutur dia.

Basarah yakin, Presiden Jokowi memiliki pertimbangan dalam menyusun kabinet. Termasuk, misalnya mempertimbangkan kekuatan politik Partai Gerindra dalam memperkuat posisi pemerintah.

"Ya saya kira dalam konteks semacam itu ketika Pak Jokowi mempertimbangkan kekuatan Gerindra akan memperkuat kekuatan pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin terutama menjadikan Pancasila sebagai ideologi yang bekerja di masyarakat kita," tandas Ahmad Basarah, Ketua DPP PDI Perjuangan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES