Olahraga

Cari Bibit Atlet, Karate Jember Open Championship 2019 Dandim 0824 Cup Digelar

Senin, 14 Oktober 2019 - 12:41 | 227.16k
Ilustrasi karate. (dok/TI)
Ilustrasi karate. (dok/TI)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Pencarian bibit atlet di cabang bela diri karate di Jawa Timur, khususnya di Kabupaten Jember terus digenjot. Salah satunya melalui kejuaraan atau turnamen karate, yakni Karate Jember Open Championship 2019 Dandim 0824 Cup yang digelar oleh INKAI Cabang Jember.

Tidak hanya itu, turnamen yang berlangsung pada tanggal 19 - 20 Oktober 2019 di GOR PKPSO, Kaliwates, Jember tersebut juga digelar untuk memeriahkan HUT ke-74 TNI.

Dandim-Cup-Karate.png

Ketua Panitia Karate Jember Open Championship 2019, Siswandi kepada TIMES Indonesia mengatakan bahwa selain menjadi media untuk mencari bibit karateka, turnamen yang memperebutkan piala Dandim 0824 tersebut juga sebagai upaya pihaknya untuk memasyarakatkan olahraga.

"Dan mengolahragakan masyarakat," kata Siswandi, Senin (14/10/2019).

Selain itu, Siswandi juga menuturkan bahwa turnamen itu juga menjadi ajang oara karateka untuk mengukur kemampuan bela diri karate yang diperoleh dari latihan.

"Khususnya bagi pelajar, turnamen ini jadi kesempatan bagi mereka untuk mengukir prestasi di dalam bela diri karate. Dengan prestasi tersebut diharapkan mereka juga akan lebih mudah memilih sekolah dalam sistem zonasi," terang Siswandi.

Dia melanjutkan, turnamen Karate Jember Open Championship 2019 merupakan turnamen terbuka yang dapat diikuti oleh karateka di wilayah Eks-Karisidenan Besuki. Yakni Jember, Banyuwangi, Banyuwangi, dan Situbondo.

Siswandi optimis, jumlah peserta yang mengikuti turnamen pertama kali diselenggarakan itu mencapai 600 orang.

"Sampai hari ini saya yang sudah mengkonfirmasi keikutsertaannya kepada panitia mencapai sekitar 450 peserta dari Jember maupun dari luar Jember. Ini menandakan animo masyarakat untuk berpartisipasi dalam turnamen ini sangat besar," ungkap Siswandi.

Terkait dengan kelas yang dipertandingkan di dalam turnamen tersebut, Siswandi menuturkan bahwa pihak panitia membuka kelas yakni Usia Dini (7-9 tahun), Pra- Pemula (10-11 tahun), Pemula (12-13 tahun), Kadet (14-15 tahun), Junior (16-17 tahun), Under 21 (18-21 tahun), Senior (+21 tahun), dan TNI.

"Masing-masing kelas berhak mengikuti pertandingan Kata maupun Kumite dengan standar internasional. Selain itu, yang menarik adalah adanya kelas eksebisi khusus bagi yang bekum pernah juara," ungkapnya.

Dia juga menambahkan, pihaknya telah menyediakan fasilitas berupa tempat untuk akomodasi bagi peserta yang datang dari luar Jember. Serta tenaga medis yang siap melayani selama turnamen berlangsung.

"Panitia juga berterima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung turnamen ini. Khususnya kepada Pemkab Jember dan Komandan Kodim 0824 Jember yang menyediakan fasilitas tempat dan dukungan lainnya. Saya berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan untuk mencetak prestasi dan menjaring atlet bela diri karate," harapnya.

Selain didukung pemerintah daerah dan Kodim 0824 Jember, Karate Jember Open Championship 2019 Dandim 0824 Cup tersebut juga didukung sejumlah pemangku kepentingan (stakeholder), di antaranya BRI, Bank Jatim, BCA, Bank Woori Saudara, Yudha Bhakti, Indomaret, Roxy Mall, Bea Cukai, Air Mineral Al Qodiri, dan Transmart. Selain itu, turnamen tersebut juga menggandeng TIMES Indonesia sebagai media partner. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Jember

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES