Ekonomi

Menuju Desa Wisata Mandiri, Pemdes Selur Ponorogo Gandeng Universitas Brawijaya Malang

Senin, 14 Oktober 2019 - 11:35 | 98.35k
Saat sosialisasi Program Kerja antara Pemdes Selur dan Universitas Brawijaya  Malang . (Foto: Evita Mukharomah/TIMES Indonesia)
Saat sosialisasi Program Kerja antara Pemdes Selur dan Universitas Brawijaya Malang . (Foto: Evita Mukharomah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Untuk optimalisasi penggalian potensi lokal sekaligus menuju desa wisata mandiri, Pemerintah Desa Selur, Ngrayun Ponorogo bekerja sama dengan Universitas Brawijaya Malang dalam kegiatan energi terbarukan

Kepala Desa Selur, Suprapto mengatakan, untuk menunjang kegiatan kepariwisataan akan dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro (PLTMH) dengan memanfaatkan potensi air yang ada. Pembangkit listrik ini tidak hanya untuk pemenuhan listrik warga, namun diharapkan bisa dikembangkan sebagai wisata edukasi.

 "PLTMH tersebut diharakan bisa menyuguhkan wisata edukasi," kata Suprapto, Senin (14/10/2019). 

Saat-sosialisasi-Program-Kerja-antara-Pemdes-Selur-b.jpg

Suprapto mengatakan, inovasi PLTMH ini juga bisa dikembangkan dengan menjual listrik. "Saya rasa ini belum ada Bumdes yang melakukan hal seperti ini dengan harapan kita nanti akan berkembang dan diikuti oleh BUMDesa lainnya," terangnya.

Melalui penganggaran dari Dana Desa dan juga oleh pihak Universitas Brawijaya melalui program Doktor Mengabdi selama 3 tahun, Suprapto berharap Desa Selur bisa menjadi desa wisata mandiri mengikuti jejak desa wisata lain yang sudah berkembang.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Ponorogo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES