Pemerintahan

LRT Tiba di Jakarta, Pemerintah Target Operasi Tahun 2021

LRT Tiba di Jakarta, Pemerintah Target Operasi Tahun 2021 Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut B. Pandjaitan saat menyaksikan pengangkatan LRT ini, Minggu (13/10/2019). (FOTO: Kemenhub)
Senin, 14 Oktober 2019 - 08:18

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kereta Api ringan LRT (Light Rail Transit) dari INKA (Industri Kereta Api) Persero, telah datang di Jakarta dan akan dioperasionalkan mulai 2021.

Satu rangkaian LRT, dengan 60 persen konten lokal dan semuanya buatan LEN dan INKA akan dilakukan penyelesaian tes sarana dan tes konstruksinya secara bersamaan.

"Diharapkan kegiatan operasionalnya mulai tahun 2021," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

LRT itu mulai diangkat di Stasiun Harjamukti, Cibubur, Minggu (13/10/2019). Menteri perhubungan bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut B. Pandjaitan ikut menyaksikan pengangkatan LRT ini.

Uji coba LRT ini masih akan dilakukan secara bertahap dan detail selama satu tahun untuk total 31 kereta LRT nantinya. 

Menhub Budi menyebutkan tarif dari Cibubur - Dukuh Atas nantinya Rp 12.000 karena disubsidi 50 persen dari Pemerintah. "Tarifnya itu sudah disubsidi, karena harga komersilnya Rp 25.000," kata Menhub.

Luhut B Pandjaitan menambahkan, teknologi yang diterapkan LRT Jabodebek ini lebih canggih dibandingkan MRT karena menggunakan generasi ketiga. Luhut juga menyampaikan rasa terimakasih dan rasa bangga Presiden RI kepada anak bangsa yang berhasil menciptakan hal ini.

"Pekerjaan panjang yang kita lakukan sudah mulai keliatan hasilnya. Pertama, lebih dari 60 persen lokal konten nya, kereta api ini semuanya buatan LEN dan INKA atau dalam negeri. Ini luar biasa untuk anak Indonesia," ujar Luhut.

Kereta Api ringan LRT (Light Rail Transit) dari INKA (Industri Kereta Api) Persero itu,  Minggu (13/10/2019) telah datang di Jakarta dan akan dioperasionalkan mulai 2021. (*)

Jurnalis : Widodo Irianto
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Registration