Gaya Hidup

Jantung Berdebar saat Jatuh Cinta? Ini Alasannya

Senin, 14 Oktober 2019 - 04:24 | 155.20k
Ilustrasi - Jatuh Cinta (FOTO: Pinterest)
Ilustrasi - Jatuh Cinta (FOTO: Pinterest)

TIMESINDONESIA, JAKARTAJantung terasa berdebar saat jatuh cinta? Benarkah ini terjadi? Banyak anak muda yang mengaku jantungnya mengalami sensasi berdebar-debar saat melihat orang yang sedang ditaksir. Sebenarnya, bagaimana bisa sensasi jatuh cinta bisa mempengaruhi denyut jantung?

Dilansir dari Dokter Sehat, pakar kesehatan Dr. Reginal Ho yang berasal dari Thomas Jefferson University Hospital, Philadelphia, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa saat kita melihat orang yang kita cintai, maka tubuh akan memproduksi hormon adrenalin yang lebih banyak. Hal inilah yang akan mempengaruhi peningkatan detak jantung dengan signifikan.

Dr. Ho menyebutkan bahwa saat kita melihat orang yang kita cintai, otak akan segera mengirimkan sinyal pada kelenjar adrenal agar bisa lebih aktif memproduksi beberapa hormon layaknya adrenalin, epinephrine, serta norepinephrine. Hormon-hormon ini pun akan segera memenuhi aliran darah dan mempengaruhi detak jantung menjadi lebih kuat dan cepat.

Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa orang yang sedang jatuh cinta akan mengalami kondisi dimana otak memproduksi neurotransmitter dopamine. Padahal, dopamine dan hormon norepinephrine memiliki hubungan yang kerat dan akhirnya bisa meningkatkan hasrat, euphoria, energi, sekaligus motivasi untuk mendapatkan orang yang disukai.

Penelitian lain membuktikan bahwa jatuh cinta bisa membuat tubuh mengendalikan rasa sakit dengan lebih baik, menurunkan kecemasan, membuat pola pikir menjadi lebih optimis dan lebih positif. Hal ini tentu bisa berimbas baik bagi kondisi kesehatan secara keseluruhan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES