Minggu, 17 November 2019
Olahraga

Cerita Persipro yang Secara Mengejutkan Puncaki Fase Grup Piala Soeratin

Cerita Persipro yang Secara Mengejutkan Puncaki Fase Grup Piala Soeratin Tim Persipro U17 yang memuncaki fase grup G Piala Soeratin 2019 (foto: Ryan/TIMES Indonesia)
Minggu, 13 Oktober 2019 - 21:22

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Probolinggo United U17 atau Persipro 1954 memuncaki grup G Piala Soeratin 2019, Sabtu (12/10/2019). Sebagai tim debutan di Piala Soeratin, capaian tim asal Kota Probolinggo ini cukup mengejutkan.

Persipro mengemas 12 poin dari 6 kali bertanding. Disusul Sinar Harapan Sidoarjo dengan 11 poin, Perseta Tulungagung dengan 8 poin, dan Suryanaga Connection dengan 2 poin. Sidoarjo dan Tulungagung merupakan tuan rumah grup G.

“Ini pertama kali kami ikut (Piala Soeratin). Target kami runnep up (lolos babak berikutnya, Red), tapi ternyata bisa juara,” kata Manajer Persipro U17, Asad Anshari kepada TIMES Indonesia.

Pelatih Ananto juga menyatakan hal yang sama. “Target ingin lolos, karena untuk memberi motifasi kepada pemain,” katanya secara terpisah.

Asad mengatakan, semula Probolinggo ditunjuk menjadi tuan rumah. Tapi kesempatan itu ditolak karena dua alasan. Pertama, Stadion Bayuangga yang jadi markas Persipro, sedang ditempati event Semipro 2019.

Kedua, dana mepet. “Alasan kedua ini sebenarnya yang paling urgen,” kata As’ad. Persipro tak sanggup membiayai pengamanan, akomodasi penginapan, dan keperluan lainnya. Dana yang ada hanya Rp 70 juta.

Manajemen sadar, status sebagai tuan rumah dalam kompetisi sepak bola akan membawa banyak keuntungan. Tapi karena dua alasan tadi, ‘keuntungan’ tersebut jatuh pada Sidoarjo (untuk putaran pertama) dan Tulungagung (untuk putaran kedua).

Selama menjalani fase grup, 24 pemain dan official Persipro tak menginap di hotel. Mereka menginap di rumah kontrakan murah di pinggiran kota untuk pengiritan. Rumah kontrakan ditempati 24 pemain plus official. “Tapi kami dan anak-anak cukup senang,” ujar As’ad. 

Di pertandingan terakhir, Persipro berhadapan dengan tim tuan rumah, Perseta Tulungagung. Agar bisa lolos babak berikutnya, Persipro tak boleh kalah dari tuan rumah. Minimal imbang untuk menjadi runner up dan lolos.

Tapi yang terjadi malah di luar dugaan. Bermain di bawah tekanan suporter tuan rumah, Persipro mencuri gol. Menang tipis 0-1 dan keluar sebagai juara grup.

Sebagai juara, Persiro lolos ke babak 16 besar Piala Soeratin 2019. Drawing akan dilakukan dalam pekan ini. Lalu, apa target Persipro berikutnya? “Paling tidak lolos babak berikutnya. Mungkin 8 besar,” kata Ananto. (*)

Jurnalis : Muhammad Iqbal
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Probolinggo

Komentar

Registration