Jum'at, 15 November 2019
Pendidikan

Orangtua Perlu Persiapkan Hal Ini Saat Anak Mulai Masuki Usia Sekolah

Orangtua Perlu Persiapkan Hal Ini Saat Anak Mulai Masuki Usia Sekolah Para orangtua dan anak-anak mengikuti kegiatan DANCOW Siap Sekolah yang diselenggarakan di Jember, Minggu (13/10/2019). (foto: istimewa)
Minggu, 13 Oktober 2019 - 20:13

TIMESINDONESIA, JEMBER – Setiap orangtua yang memiliki anak yang mulai memasuki usia sekolah perlu mempersiapkan banyak hal. Di antaranya yakni mempersiapkan fisik dan mental si anak menghadapi lingkungan baru di sekolah.

Hal tersebut menjadi topik utama yang dibahas dalam seminar bertema Semangat Meraih Prestasi. Seminar yang diselenggarakan Nestlé DANCOW FortiGro di New Sari Utama Convention Hall, Jember, Minggu (13/10/2019) itu digelar dalam rangka kegiatan DANCOW Siap Sekolah.

DANCOW-Jember-2.jpg

Pakar gizi dari Universitas Indonesia Wahyu Kurnia Yusrin Putra yang menjadi salah satu narasumber dalam seminar tersebut mengatakan bahwa mempersiapkan fisik anak artinya memberikan asupan gizi yang seimbang sesuai kebutuhan anak.

Wahyu menerangkan bahwa asupan gizi yang dibutuhkan agar anak sehat dan kuat untuk siap sekolah mencakup karbohidrat, protein, sayur, buah, vitamin serta mineral yang penting bagi tumbuh kembang anak yang optimal.

"Selain itu, diperlukan juga pola makan yang teratur dengan porsi yang seimbang dan ditambah susu sebagai sumber protein berkualitas untuk melengkapi kebutuhan gizi anak," kata Wahyu.

Sementara itu, selebritis yang juga pemerhati pendidikan anak Shahnaz Natashya Haque lebih dikenal sebagai Shahnaz Haque menuturkan, seain mempersiapkan fisik anak, orangtua juga harus mempersiapkan semangat anak untuk siap sekolah.

Menurutnya, anak yang bersemangat adalah anak yang terlibat sepenuhnya di aktivitas yang ia lakukan, baik secara fisik dan mental. Ciri-ciri anak yang bersemangat antara lain memiliki pola pikir yang berkembang, menyukai tantangan, dan tidak mudah menyerah.

"Manfaat sekolah bisa diperoleh apabila anak memiliki semangat, dan semangat dapat muncul apabila anak memiliki orang tua yang mendukung, berada dalam lingkungan sekolah yang nyaman, dan sehat secara fisik dan mental," ujar Shahnaz di hadapan peserta seminar.

Melengkapi Shahnaz, Psikolog Alfath Hanifah Megawati mengatakan bahwa terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan orangtua untuk mendorong semangat anak. Seperti mengajak anak berbagi cerita, memberikan kesempatan pada anak untuk memilih kegiatan yang disukainya, mengajak belajar sambil bermain, dan merayakan setiap keberhasilan.

“Masing-masing anak memiliki keunikan sendiri, karena itu penting bagi orang tua untuk mengetahui berbagai pendekatan yang dapat meningkatkan semangat anak,” tambah psikolog yang akrab disapa Ega tersebut.

Business Executive Officer Dairy Nestlé Indonesia, Windy Cahyaning Wulan mengatakan bahwa kegiatan DANCOW Siap Sekolah adalah salah satu wujud komitmen Nestlé DANCOW FortiGro untuk mendukung anak Indonesia untuk menjadi sehat dan cerdas dengan mengedukasi orangtua agar dapat memberikan dukungan penuh untuk si buah hati siap sekolah dan meraih prestasi.

"Nestlé DANCOW FortiGro Instant, yang kini dilengkapi dengan Omega 6 dan minyak ikan, juga dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi anak Indonesia agar siap sekolah," terang Windy.

Sebagai informasi, program DANCOW Siap Sekolah oleh Nestlé DANCOW FortiGro telah diselenggarakan sejak 2016.

Kegiatan ini telah mengedukasi 380.000 ibu di 3.300 sekolah dan pemukiman, serta menjangkau hingga 100 kota dan kabupaten di Indonesia.

Rangkaian acara ini dimulai dari mengunjungi sekolah-sekolah dan lingkungan pemukiman di seluruh Indonesia. Dan puncak acara akan diselenggarakan di tiga kota, yaitu Tangerang, Jember, dan Manado.

Kegiatan ini sangat dinantikan para orangtua untuk mempersiapkan anaknya yang memasuki usia sekolah. (*)

Jurnalis : Dody Bayu Prasetyo
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Jember

Komentar

Registration