Olahraga

Atlet Taekwondo Berbagai Negara Bakal Tarung Demi Trophy Paku Alam X

Sabtu, 12 Oktober 2019 - 17:41 | 130.37k
Para Atlet Taekwondo Berbagai Negara yang akan memperebutkan Trophy Paku Alam X. (FOTO: Istimewa/TIMES Indonesia)
Para Atlet Taekwondo Berbagai Negara yang akan memperebutkan Trophy Paku Alam X. (FOTO: Istimewa/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Ratusan atlet Taekwondo dari berbagai negara akan bertarung memperebutkan piala bergilir Paku Alam X dalam The 2nd Paku Alam X International Taekwondo Championship 2019.

Selama dua hari 19-20 Oktober 2019 mendatang, GOR Amongraga akan menjadi saksi perjuangan para atlet meraih prestasi tertinggi dalam kejuaraan yang sudah kali kedua dilaksanakan.

Ketua Pelaksana, HM Zuharsono Azhari mengatakan, The 2nd Paku Alam X International Taekwondo Championship 2019 akan diikuti lebih dari 883 atlet Taekwondo dari berbagai negara antara lain Timor Leste, Malaysia, Singapura, Perancis serta tuan rumah Indonesia.

Turnamen yang diselenggarakan Universal Taekwondo Indonesia Profesional (UTI Pro) Pengurus Provinsi (Pengprov) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini merupakan ajang terbaik mengukur kemampuan para atlet untuk berprestasi di level lebih tinggi.

“Tujuan diselenggarakannya kejuaraan internasional ini adalah untuk mengukur kemampuan atlet-atlet Taekwondo muda dari UTI Pro khususnya DIY yang nantinya bisa berprestasi di level nasional maupun internasional. Nantinya ada dua kategori yang dipertandingkan yakni tarung bebas dan poomsae atau jurus,” kata Zuharsono, Sabtu (12/10/2019).

Zuharsono menjelaskan di kelas Kyorugi atau tarung bebas serta Poomsae atau jurus akan dipertandingkan beberapa kelas kelas seperti ICTU, Junior dan Senior. Wasit yang bertugas dalam pertandingan juga merupakan wasit internasional dari Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

Kontingen juara umum nantinya akan membawa pulang piala bergilir Pakualaman X UTI Pro Taekwondo International Championship 2019. “Panitia dalam mempersiapkan kejuaraan ini, telah menyiapkan berbagai hal sesuai SOP penyelenggaraan turnamen Taekwondo seperti perangkat pertandingan, lapangan standar internasional hingga medis,” papar Zuharsono.

Ketua Pengprov UTI Pro Taekwondo DIY, Armunanto mengatakan tak kurang 49 dojang dari seluruh Indonesia dipastikan akan berpartisipasi dalam kejuaraan tersebut. Panitia penyelenggara pun berjanji akan menyajikan pertandingan yang fair untuk memastikan prestasi Taekwondo di Indonesia berjalan dengan maksimal sesuai arahan Paku Alam X.

“Kita dari tuan rumah harus bermain fairplay sehingga apa yang dihasilkan betul memajukan prestasi olahraga Taekwondo. Jangan hanya sukses menyelenggarakan, tapi prestasi dan mendatangkan banyak orang ke Yogyakarta sehingga timbul multiplier effect perekonomian masyarakat,” jelas Armunanto.

Untuk DIY sendiri perkembangan Taekwondo di bawah naungan UTI Pro, dinilai cukup berkembang terbukti saat ini terdapat beberapa sekolah atau akedemi taekwondo milik Utipro yang secara intensif melatih atlet- atlet potensial untuk dipersiapkan di beberapa kejuaran baik dalam maupun luar negeri.

Beberapa atlet taekwondo sudah menorehkan prestasi di kancah nasional maupun internasional, antara lain Muhammad Daffa yang belum lama ini meraih juara dalam kejuaraan di China dan Erviko Andrea yang menjadi Finalis di Korea Selatan. TIMES Lovers, ayo meriahkan The 2nd Paku Alam X International Taekwondo Championship 2019. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Yogyakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES