Gaya Hidup

Kiat Mengurangi Stres karena Tak Kunjung Dapat Kerja

Jumat, 11 Oktober 2019 - 07:22 | 51.06k
ILUSTRASI - Tak Kunjung mendapat pekerjaan. (FOTO: Womantalk)
ILUSTRASI - Tak Kunjung mendapat pekerjaan. (FOTO: Womantalk)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Susahnya mencari kerja bisa membuat seseorang menjadi stres. Stres karena susah dapat kerja bukanlah hal yang sepele dan berpotensi mengganggu kesehatan mental serta hubungan Anda dengan teman dan keluarga. Bagaimana caranya mengurangi stres?

1. Terima dan hadapi stres yang dialami

Fakta sulitnya mencari kerja adalah sesuatu yang dialami oleh banyak orang, terimalah bahwa hal tersebut bukanlah hal yang memalukan dan normal untuk dialami. Lihat kesulitan tersebut sebagai suatu tantangan dalam hidup Anda.

Hadapi stres yang dirasakan dan terimalah bahwa masa-masa sekarang adalah masa-masa yang sulit untuk Anda dan dialami oleh sebagian besar orang.

2. Ekspresikan perasaan Anda

Ekspresikan stres akibat susah dapat kerja dengan menyalurkannya secara positif. Anda dapat membuat jurnal yang berisi mengenai pemikiran dan perasaan yang sedang dialami.

Terkadang Anda bisa menemukan perspektif yang baru mengenai kejadian atau stres yang dialami ketika Anda membaca jurnal yang telah Anda tulis.

3. Jangan menarik diri

Rasa malu dan perasaan tidak berharga yang merupakan dampak dari stres karena susah dapat kerja bisa memudahkan Anda untuk menarik diri dari teman dan keluarga. Justru di saat-saat sulit seperti itulah, Anda harus meminta dukungan dari teman dan keluarga.

Bicarakanlah perasaan dan pemikiran Anda dengan teman atau keluarga yang dipercaya dan dekat dengan Anda. Anda tidak perlu mengharapkan orang tersebut bisa memberikan jalan keluar, tetapi hanya dengan membicarakannya dengan teman atau keluarga, Anda bisa membagi beban yang dirasakan ke orang lain.

4. Hindari ‘menghukum’ diri Anda

Mudah bagi Anda untuk ‘menghukum’ diri Anda dengan mengkritik diri sendiri. Tidak semua hal bisa Anda kontrol, seperti jumlah lowongan pekerjaan, respon pemberi kerja, dan sebagainya. Cobalah untuk membuat daftar yang berisi kelebihan serta kemampuan Anda untuk mengingatkan bahwa Anda memiliki aspek positif lainnya.

Selalu ingat bahwa susah dapat kerja adalah hal yang nyata terjadi dan dialami oleh sebagian besar orang. Jangan lupa bahwa hidup Anda tidak hanya sekedar status pekerjaan saja, tetapi juga ada teman dan keluarga Anda.

5. Fokus ke aktivitas lain

Sulitnya mencari kerja akan memaksa Anda untuk terus memikirkan mengenai stres yang dialami. Namun, Anda tidak boleh terus-menerus memikirkan hal-hal negatif, seperti ‘mengapa ini terjadi?’ dan sebagainya.

Akan lebih baik jika Anda fokus ke aktivitas lain yang menyenangkan atau yang berarti untuk Anda, seperti melakukan hobi Anda, menjadi sukarelawan, berbicara dengan teman atau keluarga, travelling, membaca buku, berolahraga, dan sebagainya.

6. Membuat perencanaan

Membuat perencanaan akan mengingatkan Anda untuk memikirkan dan melakukan hal-hal yang bisa Anda kontrol, seperti mencari lowongan kerja, membuat resume atau CV, dan sebagainya.

Jangan biarkan stres karena susah dapat kerja membuat Anda patah semangat, buatlah sebuah perencanaan secara bertahap, serta urutkan prioritas Anda. Misalnya, Anda dapat meluangkan waktu beberapa jam untuk mencari lowongan pekerjaan, dan sebagainya.

7. Ingat untuk menjaga kesehatan fisik

Stres akibat sulitnya mencari kerja bisa membuat Anda lupa untuk menjaga kesehatan. Jagalah kesehatan dengan menerapkan pola hidup yang sehat, seperti tidur sebanyak 7-8 jam tiap malamnya serta menerapkan pola makan yang sehat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES