Gaya Hidup

Benarkah Jeruk Nipis Bisa Mengatasi Ketombe?

Jumat, 11 Oktober 2019 - 04:10 | 214.05k
Jeruk Nipis. (FOTO: topinspired.com)
Jeruk Nipis. (FOTO: topinspired.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketombe di kepala tentu sangat menyebalkan. Selain menyebabkan gatal di kepala, ketombe juga mengganggu penampilan. Untuk mengatasi ketombe banyak yang memanfaatkan jeruk nipis. Benarkah cara ini efektif menghilangkan ketombe?

Selain sampo, mengoleskan air jeruk nipis di kulit kepala dipercaya dapat mengatasi masalah ketombe. Dilansir dari Klik Dokter, berdasarkan penelitian, yang bisa membantu mengatasi ketombe sebenarnya adalah ekstrak dari jeruk nipis.

Selain vitamin C, jeruk nipis juga memiliki kandungan lain, yakni asam sitrat. Kandungan ini dipercaya bisa mengangkat sel-sel kulit mati di tubuh. Sebagaimana diketahui, ketombe bisa terjadi karena adanya sel-sel kulit mati yang berganti di kepala.

Asam sitrat dalam jeruk nipis berguna untuk eksfoliasi, yaitu mengangkat sel-sel kulit mati. Akan tetapi, efektivitasnya tidak bisa dijamin kalau dioleskan langsung ke kulit kepala.

Selain memanfaatkan ekstra jeruk nipis, untuk mengatasi ketombe, sebaiknya keramas 2-3 kali setiap minggu secara teratur dengan sampo khusus ketombe. Akan tetapi, jika penggunaan sampo masih belum mampu mengusirnya, sebaiknya periksakan ke dokter supaya bisa ditangani hingga tuntas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES