Ekonomi

Menkeu RI Dianugerahi Tokoh Pemajuan Ekonomi Syariah oleh UMM

Kamis, 10 Oktober 2019 - 20:04 | 43.39k
Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memberikan anugerah kepada Menteri Keuangan Republik Indonesia (Menkeu RI) Sri Mulyani Indrawati sebagai tokoh dalam bidang Pemajuan Ekonomi Syariah di Indonesia.

Penganugerahan yang berlangsung Kamis (10/10/2019) di Hall Dome UMM, Malang, Jawa Timur ini karena Sri Mulyani dinilai turut meletakkan landasan bagi pemajuan Ekonomi Islam.

Saat ini, Sri Mulyani sendiri resmi ditunjuk menjadi Ketua Umum Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) periode 2019-2023.

sri-mulyani-vb.jpg

“Ibu Sri Mulyani turut mewujudkan pengembangan kualitas sumberdaya manusia, peningkatan kapasitas riset, mendukung kebijakan yang menunjang perkembangan ekonomi syariah, mendorong sinergi antara akademisi, industri, dan pemerintah atau otoritas dalam mengembangkan ekonomi syariah, serta mendukung upaya membangun wajah Islam yang inklusif dan sejalan dengan semangat kebhinekaan dalam bingkai NKRI,” ungkap Wakil Rektor I UMM Prof Dr Syamsul Arifin saat membacakan Surat Keputusan.

Rektor UMM Dr Fauzan menyampaikan, Kampus Putih UMM senantiasa mengundang para tokoh nasional dari berbagai latar belakang bahkan tokoh internasional sebagai inspirasi pada para mahasiswa, sebagai tokoh-tokoh masa depan bangsa ini.

“Beliau seorang Srikandi yang tahan banting dan bisa hidup di sembarang ‘alam’. ‘Alam’-nya pak SBY dan alamnya Pak Jokowi. Mudah-mudahan ke depannya beliau juga masuk di dalam jajaran kabinet berikutnya,” ungkap Fauzan.

Ada satu hal, sambung Fauzan, yang barangkali perlu mahasiswa contoh. Yaitu selain kiprah dan kesuksesan Sri Mulyani, dia juga dinilai orang yang taat beragama.

umm-1.jpg

"Puasa Senin-Kamisnya tidak terhenti. Oleh karena itu saya mohon maaf kalau meja-meja itu bersih dan hanya ada pot-pot bunga. Tidak ada satupun makanan di atas meja karena kita semua menghargai beliau dan beliau adalah Srikandi yang menurut kita adalah luar biasa luar dan dalamnya,” tegas Fauzan di hadapan 7000 mahasiswa UMM.

Menteri yang sempat mendapat penghargaan sebagai menteri terbaik dunia dalam ajang World Government Summit 2018 ini berpesan kepada ribuan mahasiswa UMM dalam orasi ilmiahnya bahwa sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan inovasi adalah faktor penentu dalam rangka mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

“Pemerintah akan selalu berkomitmen dalam mendorong perbaikan kualitas SDM melalui berbagai langkah afirmasi dan terobosan program kebijakan,” katanya.

UMM harus terus berkiprah, berkarya tidak mudah puas akan capainnya, dan selalu haus akan pencapaian baru. Sehingga mampu memberikan solusi atas berbagai permasalahan bangsa.

“Diharapkan UMM agar tidak hanya mendidik kemampuan hard skill, kognitif dan intelektual mahasiswa. Tetapi juga membentuk soft skill antara lain berupa karakter yang berintegritas. Dan jangan lupa, jangan pernah lelah mencintai negeri ini,” tutup Menkeu RI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES