Ekonomi

Harga Timun di Magetan Melambung Tinggi

Harga Timun di Magetan Melambung Tinggi Pedagang sayur di pasar sayur Magetan saat menjajakan dagangannya. (Foto : Aditya Candra/TIMES Indonesia)
Kamis, 10 Oktober 2019 - 18:03

TIMESINDONESIA, MAGETANHarga timun di pasar sayur Magetan, Jawa Timur, merangkak naik hingga Rp 10.000 per kilogram. Sebelumnya harga timun masih sekitar Rp 4.000 sampai Rp 5.000 per kilogram.

Salah satu penjual timun di pasar sayur Magetan, Sukimin mengatakan kenaikan harga sudah terjadi sejak 15 hari yang lalu. Hal itu disebabkan karena minimnya suplai timun dari para petani yang biasa memasok ke sejumlah pasar di Magetan.

"Harga timun saat ini mahal, karna pasokan dari petani timun sudah minim sekali, mungkin penyebabnya sudah lewat masa panen dan masih musim kemarau," ujarnya kepada TIMES Indonesia, Kamis (10/10/19).

Menurut dia, melonjaknya harga mentimun banyak dikeluhkan pembeli, terutama pedagang kuliner. Pasalnya, harga mentimun naik hampir 2 kali lipat.

"Banyak sekali pelanggan yang mengeluh karna harganya tinggi, stok timun memang ada walaupun sedikit tapi yang di permasalahkan adalah harganya," ungkapnya.

Sementara itu, Karyadi, salah satu penjual makanan di Magetan mengaku, kenaikan harga mentimun membuat keuntungannya menjadi berkurang.

"Makanan yang saya sajikan semuanya menggunakan lalapan timun, tapi kalau timun mahal ya otomatis pendapatan saya berkurang, karena saya tidak berani menaikkan harga dan porsi selalu sama," jelasnya. (*)

Jurnalis : MK Adinugroho Syaifullah
Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Magetan

Komentar

Registration