Olahraga

Pemkab Bondowoso Upayakan Asian Ijen Enduro Jadi Even Resmi Tahunan

Pemkab Bondowoso Upayakan Asian Ijen Enduro Jadi Even Resmi Tahunan Pelaksanaan kejuaraan balap sepeda, Asian Ijen Enduro di Kawah Wurung. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Rabu, 09 Oktober 2019 - 17:20

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Pemerintah Kabupaten Bondowoso, melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora), mengupayakan Balap Sepeda Asian Ijen Enduro menjadi sebuah even resmi tahunan, pada tahun 2020.

Kepala Dispora Bondowoso, Harry Patriantono mengatakan, pihaknya konsisten untuk mengembangkan Bondowoso sebagai sportventure tourism. Di mana kata dia, di dalamnya terdapat promosi dan pemasaran pariwisata di Kabupaten Bondowoso.

"Harapan kami Bondowoso menjadi lima dari lima kota di Asia. Agar ini menjadi event resmi, seperti beberapa event kita yang masuk dalam Ijen Festival," jelasnya.

Tahun depan, lanjut dia, kabupaten yang terkenal dengan produksi kopi dan tape ini, akan resmi menjadi tuan rumah dari Asian Ijen Enduro.

Dijelaskannya, event ini bagian dari Ijen Festival, kalender even sportventure tourism selama setahun yang bersifat regional, nasional dan internasional. sehingga even ini bisa menjadi agenda rutin tahunan.

"Untuk meningkatkan kunjungan dan tidak hanya datang sendiri, tapi bersama keluarga, dan mereka bisa berbelanja di sini," tambahnya.

Asian-Ijen-Enduro-di-Kawah-Wurung-b.jpg

Langkah ini, lanjut dia, bertujuan untuk membangun dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bondowoso, dari sektor pariwisata dan olahraga. “Karena potensi kedua sektor tersebut, sangat besar dan sudah lama dikenal oleh lapisan masyarakat, bahkan sampai ke level internasional,” jelasnya.

Kejuaran balap sepeda gunung Asian Ijen Enduro sendiri sudah selesai digelar pada akhir pekan lalu, di wisata Kawah Wurung Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso. Total ada 130 peserta tidak hanya dari tapal kuda tapi juga dari Aceh, Bontang bahkan ada seorang perempuan kelas master dari Malaysia.(*)

Jurnalis : Moh Bahri
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Bondowoso

Komentar

Registration