Pendidikan

Gantikan Kasiyarno, Muchlas Dilantik Sebagai Rektor UAD Yogyakarta

Gantikan Kasiyarno, Muchlas Dilantik Sebagai Rektor UAD Yogyakarta Suasana pelantikan Dr Muchlas MT sebagai rektor UAD Periode 2019-2023 di ruang Amphitarium Lantai 9 Kampus Utama UAD Jalan Ring Road Selatan, Rabu (9/10/2019. (FOTO: Dok. UAD/TIMES Indonesia)
Rabu, 09 Oktober 2019 - 13:06

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD Yogyakarta) memiliki nahkoda baru. Dia adalah Dr Muchlas MT. Muchlas yang resmi dilantik sebagai rektor UAD Periode 2019-2023 menggantikan posisi Dr Kasiyarno M.Hum yang sudah menjabat selama 12,5 tahun.

Sebelum dilantik di ruang Amphitarium Lantai 9 Kampus Utama UAD, Rabu (9/10/2019), Muchlas yang sebelumnya menjabat Wakil Rektor UAD ini mengucapkan sumpah jabatan dan penandatanganan berita acara sumpah jabatan disaksikan Ketua Umum PP Muhammadiyah KH Dr Haedar Nashir dan Rektor UAD demisioner Dr Kasiyarno.

Pembacaan SK PP Muhammadiyah dibacakan oleh Ahmad Muttaqin, PhD. Dalam SK tersebut, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah memutuskan dan menetapkan Dr Muchlas MT sebagai rektor UAD Periode 2019-2023.

Hadir pula pada pelantikan Ketua-Ketua Bidang PP Muhammadiyah dan Ketua Umum PP Aisyiyah Dra Hj Siti Noordjannah Djohantini, Kepala LLDikti Wilayah 5, dan sejumlah rektor dari kampus di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Dalam sambutannya, Dr Kasiyarno menyampaikan terima kasih kepada civitas akademika UAD dan Muhammadiyah karena dipercaya memimpin UAD. Sebelum menjabat rektor, Kasiyarno mengaku menjabat sebagai wakil rektor UAD selama 8 tahun. Sehingga, bila dijumlah dirinya 20 tahun lebih menjabat sebagai pimpinan rektorat UAD.

Saat sambutan, pria berpenampulan humble ini unjuk kebolehan dengan membacakan sebuah puisi berjudul 'Kutitipkan UAD Padamu'. Pembacaan puisi tersebut mengundang reaksi tepuk tangan dan tawa dari tamu undangan.

Sementara rektor baru UAD, Dr Muchlas MT mengatakan jika sebagai penerus Kasiyarno, ia akan terus melanjutkan program kerja yang telah direncanakan dan memajukan UAD agar lebih dikenal di kancah nasional dan internasional. Karena itu, pihaknya juga akan fokus mengembangkan SDM di lingkungan kampus.

“Manjaga ketahanan finansial menjadi hal yang utama bagi UAD Yogyakarta. Tentu dengan spirit maju dan makmur menjaga ketahanan finansial agar dosen dan karyawan UAD menjadi makmur penuh barokah Allah SWT,” kata Muchlas yang mengakhiri sambutannya juga dengan membacakan puisi. (*)

Jurnalis : Reno Diqqi Alghazali (MG-158)
Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Yogyakarta

Komentar

Registration