Gaya Hidup

Waspadai Tiga Perilaku Anak yang Mulai Mencoba Narkoba

Waspadai Tiga Perilaku Anak yang Mulai Mencoba Narkoba ILUSTRASI - Narkoba. (FOTO: Istimewa)
Selasa, 08 Oktober 2019 - 20:07

TIMESINDONESIA, BATU – Waspadai tiga perilaku ini terjadi pada anak atau orang di sekitar kita. Jika ada tanda-tanda ini, kemungkinan ia sudah mulai mencoba narkoba, segera konsultasi dengan BNN Kota Batu. 

Tiga efek perilaku ini dilihat dari sisi stimulan, keaktifan penyalahguna narkoba ini berlebihan, jarang tidur dan senang mendengarkan musik berlebihan. 

Penyalahguna juga mengalami depresan, seperti suka lunglai, senang tidur bermalas-malasan, mandi, jorok dan matanya merah. 

Selain itu penyalahguna kadang mengalami halusinasi, seperti cenderung bicara atau komunikasi dengan pokok permasalahan yang dibicarakan. 

Hal tersebut dikemukakan oleh Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat, BNN Kota Batu, Kompol Edi HK menanggapi banyaknya penyalahguna narkoba yang masih muda. 

"Kepada orang tua agar lebih meningkatkan kepedulian  pada keluarga utamanya anak anak agar lebih di berikan pembelajaran , pengawasan , bimbingan dan pembinaan serta kasih sayang," ujarnya. 

Menurutnya, peran orang tua selain sebagai figur pemimpin, panutan tauladan, sahabat tempat bertanya  juga berdiskusi. 

"Orang tua harus berani membangun komitmen dengan membuat aturan keluarga yang jelas dan tegas yang patut dipatuhi oleh keluarga.Sebagai contoh di keluarga ada tradisi keluarga tentu sejalan dengan nilai nilai agama," ujarnya. 

Rata-rata, mereka mengenal narkoba justru dari lingkungan terdekat. Perasaan ingin mendapatkan sensasi dengan coba-coba, pasti nanti ketemu pergaulan bebas yang menjurus negatif. Ada niat ketemu kesempatan. Terjadilah peristiwa penyalahgunaan narkoba itu," kata Edi HK. 

Seperti diberitakan TIMES Indonesia, Kenyataan memprihatinkan terlihat dari ungkap 10 kasus narkoba di Kota Batu. Dari 15 tersangka kasus narkoba, sebagian besar masih berusia muda.

Bahkan tersangka penyalahguna narkoba paling muda berusia 18 tahun, sebagian besar tersangka lainnya berusia 20 hingga 25 tahun. Tidak hanya laki-laki, diantara para tersangka juga ada ibu muda. (*)

Jurnalis : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Batu

Komentar

Registration