Peristiwa Daerah

Hari Satwa Dunia, Bali Safari and Marine Park Kampanyekan Konservasi Orangutan

Sabtu, 05 Oktober 2019 - 10:35 | 86.16k
Tiga bayi Orangutan, Bonbon, George, dan Cherry yang tengah bermain di kawasan Bali Safari and Marine Park. (foto:Bali Safari and Marine Park)
Tiga bayi Orangutan, Bonbon, George, dan Cherry yang tengah bermain di kawasan Bali Safari and Marine Park. (foto:Bali Safari and Marine Park)

TIMESINDONESIA, DENPASARBali Safari and Marine Park mengkampanyekan konservasi orangutan secara lebih luas dalam rangka peringatan Hari Satwa Sedunia.

Hari Satwa Dunia yang diperingati setiap 4 Oktober merupakan salah satu bentuk gerakan untuk memperjuangkan hak-hak dan kesejahteraan satwa. Berbagai kegiatan banyak dilakukan sebagai upaya kampanye kesejahteraan satwa. 

Pada perayaan Hari Satwa Sedunia, Bali Safari and Marine Park mengenalkan bayi orangutan kepada pengunjung secara luas. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk lebih meningkatkan kesadaran pengunjung terhadap upaya pelestarian satwa khususnya Orangutan, sekaligus dan juga membuktikan keseriusan BSMP dalam kegiatan konservasi yaitu program pengembangbiakan. 

Orangutan merupakan satwa endemik Indonesia yang menghuni hutan tropis Sumatra dan Kalimantan.

Perannya dalam juga cukup penting dalam ekosistem salah satunya membantu menyebarkan biji tanaman hutan. Akan tetapi, populasi satwa ini terus tergerus menurun akibat berbagai kegiatan manusia seperti illegal logging, alih fungsi lahan dan perdagangan satwa.

Seperti yang diketahui, banyak kasus penyelundupan bayi Orangutan. Salah satunya di Bandara Ngurah Rai, Bali. Hal ini menjadi bukti bahwa ancaman perdagangan satwa semakin nyata dan ada di sekitar kita sehingga dapat membuat populasi Orangutan di habitatnya terus menurun.

Edisi-Sabtu-5-Oktober-2019-hal-8-Monyet-bali64a90af27f4b1399.jpg

BonBon bayi Orangutan yang berhasil diselamatkan dari penyeludupan tersebut kini dirawat di BSMP sambil menunggu segala berkas kasus terselesaikan. Selama tinggal di BSMP ternyata Bon-Bon memiliki teman bermain yaitu dua bayi oOrangutan lainnya yang bernama George dan Cherry.

George dan Cherry lahir setahun yang lalu adalah bayi Orangutan pertama yang lahir di Bali Safari & Marine Park sekitar 1 tahun yang lalu, usia mereka berdua hanya terpaut satu bulan saja, maka sehingga dalam kesehariannya terlihat sangat akrab dan dekat. 

Biasanya para pengunjung dapat melihat mereka orangutan di exhibit playground kawasan safari journey. Namun, tepat pada Hari Satwa Sedunia ini, George dan Cherry akan menemani BonBon menyapa pengunjung Bali Safari di orangutan playground. 

Orangutan playground merupakan tempat bermain bagi orangutan, di tempat tersebut orangutan dapat menggunakan berbagai enrichment yang disediakan.

Selain di kawasan safari journey BSMP juga memiliki Orangutan Playground di dalam park yang menjadi tempat menyenangkan bagi orangutan, karena dilengkapi dengan berbagai enrichment.

Berbagai enrichment yang disediakan di Orangutan Playgroundtersebut dapat menstimulasi aktivitas bayi oOrangutan sehingga dapat mereka dapat mengekspresikan perilakunya seperti di alam liar.

Melalui kegiatan Hari Satwa Dunia ini, Bali Safari and Marine Park berharap adanya peningkatkan kesadaran dan kepedulian pengunjung terhadap kelestarian satwa dan khususnya Orangutan.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Bali

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES