Ekonomi

Sri Mulyani Sebut Indonesia Berpeluang Jadi Pusat Ekonomi Islam

Jumat, 04 Oktober 2019 - 11:44 | 69.13k
Menkeu, Sri Mulyani Indrawati. (dok/TI)
Menkeu, Sri Mulyani Indrawati. (dok/TI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Indonesia memiliki potensi menjadi pusat ekonomi Islam dunia lewat Islamic Fashion dan Halal Travel karena sektor ekonomi syariah Indonesia mampu bersaing di level global.

Saat berbicara di depan para Anggota Dewan Syariah Nasional pada acara Ijtima’ Sanawi (Annual Meeting) dan Semiloka Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) Tahun 2019 di Aston Bogor, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menyatakan, Islamic fashion dan halal travel berpengaruh pada peningkatan permintaan di kalangan masyarakat.

"Ini harus direspon dengan menyediakan supply yang lebih bagus," kata Menkeu.

Data yang dikeluarkan Global Islamic Report 2018-2019, menyatakan, sektor halal travel Indonesia menduduki peringkat ke-4 dunia, Islamic fashion Indonesia menduduki peringkat ke-2, dan Islamic finance Indonesia di peringkat 10.

Meskipun Halal food, halal media & recreation, dan halal cosmetic Indonesia belum menjadi produsen di industri halal yang memiliki ranking yang cukup kompetitif, namun Menkeu melihat hal ini bukan sebagai suatu kekecewaan, tapi justru suatu kesempatan dan memiliki ruang progress yang sangat besar.

Karena itu Indonesia memiliki potensi menjadi pusat ekonomi Islam dunia lewat Islamic Fashion dan Halal Travel menyusul berhasilnya sektor ekonomi syariah Indonesia mampu bersaing di level global. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES