Glutera News

Rambut Mudah Rontok saat Keramas, Apa Penyebabnya?

Jumat, 04 Oktober 2019 - 12:17 | 101.23k
(FOTO: Glutera News)
(FOTO: Glutera News)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Rambut rontok tampaknya umum dialami oleh setiap orang, meski dalam jumlah helai yang berbeda-beda. Parahnya, jumlah helai rambut yang rontok biasanya akan semakin banyak saat keramas. Semakin disentuh dan digosok saat. Sebenarnya, apa yang membuat rambut mudah rontok saat keramas?

Entah memang karena mengalami masalah rambut rontok atau tidak, tapi kerontokan bisa semakin parah ketika Anda keramas. Biasanya, jumlah helai rambut yang rontok ketika rambut dalam kondisi basah akan jauh lebih banyak, bahkan berkali-kali lipat dibanding saat rambut kering. 

Jumlah rambut yang rontok sekitar 50-100 helai menurut American Academy of Dermatology masih terbilang normal. Ini karena sekitar 90-95 persen folikel rambut pada kulit kepala yang normal, biasanya berada di fase pertumbuhan aktif. 

Folikel rambut adalah bagian atau struktur kulit yang merupakan tempat tumbuhnya rambut. Sementara 5-10 persen sisa folikel rambut tersebut, ada di fase telogen. Fase telogen bisa dikatakan sebagai tahapan di mana pertumbuhan rambut sedang tidak aktif. 

Dengan kata lain, helai rambut bisa mudah berguguran ketika cikal bakal rambut baru sedang tumbuh. Nah, keramas atau mencuci rambut ternyata dapat semakin memicu kecepatan fase telogen. Alhasil, rambut jadi gampang sekali rontok, bahkan dalam jumlah yang banyak. 

Selain itu, menggunakan air panas saat keramas dapat membuat rambut kian rapuh, sehingga mudah rontok. Hal tersebut dijelaskan lebih lanjut oleh Ryan Welter, MD, seorang ahli kesehatan rambut di Amerika Serikat. Suhu panas dari air selama keramas bisa membuat rambut menjadi kering, yang pada akhirnya membuatnya rontok. 

Bagaimana Agar Rambut Tidak Mudah Rontok?

Ingin rambut yang lebih kuat dan tidak gampang rontok saat keramas, maupun ketika dalam kondisi basah? Berikut berbagai cara yang bisa Anda lakukan.

1. Kelola stres dengan baik

Sadar atau tidak, stres sekecil apa pun ternyata dapat memengaruhi kondisi rambut. Bahkan tidak menutup kemungkinan, bisa membuat rambut menjadi mudah rontok saat sedang keramas.

Anda juga bisa mulai dari melakukan hal-hal yang ringan seperti menekuni hobi, maupun rutin berolahraga selama beberapa kali dalam seminggu. 
Menjalani latihan meditasi juga dipercaya dapat membuat tubuh lebih nyaman dan fokus, sehingga bisa mengurangi stres. 

2. Perhatikan asupan makanan harian

Selain baik untuk kesehatan, makan beragam jenis makanan dengan kandungan gizi yang beragam juga baik untuk pertumbuhan rambut. Vitamin B, vitamin C, dan vitamin E merupakan asupan untuk mengatasi masalah rambut rontok.

3. Menggunakan obat untuk merangsang pertumbuhan rambut

Ada berbagai pilihan krim topikal, obat, maupun produk perawatan lainnya yang dapat membantu mengatasi rambut mudah rontok saat keramas. Minoxidil yang hadir dalam bentuk krim dan semprotan, finesteride dalam bentuk tablet, hingga obat kortikosteroid. Akan tetapi, Anda tidak disarankan untuk menggunakan obat-obatan tersebut tanpa mendapatkan rekomendasi dari dokter sebelumnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES