Glutera News

Memanfaatkan Kekuatan Kolagen dan BCAA untuk Mengatasi Nyeri Sendi

Memanfaatkan Kekuatan Kolagen dan BCAA untuk Mengatasi Nyeri Sendi Glutera News.
Senin, 30 September 2019 - 10:06

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anda mungkin sudah sering dengar bahwa kolagen itu baik untuk mengencangkan kulit wajah dan membuat Anda tampak lebih awet muda. Akan tetapi, berbagai penelitian berhasil membuktikan kalau kolagen ternyata juga sangat bermanfaat untuk mengatasi nyeri sendi yang disebabkan oleh peradangan.

Apa Itu Kolagen?

Kolagen adalah salah satu jenis protein alami yang diproduksi dalam tubuh Anda. Bagian tubuh yang paling banyak menyimpan protein khusus ini adalah otot, tulang, kulit, pembuluh darah, urat, dan sistem pencernaan.

Fungsi kolagen bagi tubuh ada bermacam-macam. Di antaranya yaitu menjaga kekenyalan dan kekuatan kulit, menggantikan sel-sel kulit mati, serta mencegah pengeroposan tulang. Namun, kolagen juga sangat baik buat kesehatan sendi Anda.

Fungsi Kolagen untuk Mengatasi Nyeri

Sebuah penelitian di Inggris pada tahun 2017 membuktikan bahwa fungsi kolagen untuk mengurangi nyeri pada persendian sangat efektif. Penelitian ini juga mencatat bahwa efek samping atau komplikasi dari pengobatan dengan kolagen sangatlah minim. Maksudnya, kolagen aman buat kesehatan Anda.

Menurut penelitian yang dimuat dalam Journal of Arthritis ini, pasien osteoarthritis yang mengonsumsi kolagen dosis 480 miligram melaporkan rasa sakit karena nyeri sendi berkurang hingga 88 persen. Sedangkan pasien yang mengonsumsi kolagen dosis 640 miligram melaporkan rasa sakit berkurang sebanyak 91 persen. Ini artinya kolagen efektif untuk mengurangi nyeri sendi akibat osteoarthritis. 

Makanan Sumber Kolagen

Nutrisi yang diperlukan untuk menghasilkan kolagen dalam tubuh antara lain vitamin A, vitamin C, vitamin E, serta protein. Anda bisa mendapatkan asupan beragam jenis vitamin dan protein ini dari makanan segar seperti sayur, buah, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan. 

Apa Itu Suplemen BCAA?

Suplemen BCAA (branched-chain amino acid) adalah suplemen yang mengandung tiga asam amino esensial, yaitu leusin, isoleusin, dan valin. Ketiga nutrisi ini biasanya Anda peroleh dari konsumsi makanan sumber protein, seperti daging, susu dan produk susu, dan kacang-kacangan.

Bagi Anda yang suka pergi ke gym atau suka berolahraga, Anda mungkin tidak asing lagi dengan suplemen ini. Banyak orang memanfaatkan suplemen ini untuk meningkatkan performa selama berolahraga dan untuk membentuk otot. 

Bagaimana BCAA Mengatasi Nyeri Sendi?

Konsumsi BCAA sebelum atau setelah olahraga terbukti dapat mengurangi nyeri otot yang Anda rasakan setelah olahraga. Hal ini dilakukan BCAA dengan cara menurunkan kadar enzim kreatin kinase dan laktat dehidrogenase, yang berhubungan dengan kerusakan otot. Dengan cara ini, BCAA dapat mempercepat pemulihan dan melindungi Anda dari kerusakan otot.

Selain mengatasi nyeri sendi seperti kolagen, BCAA juga dapat membantu mengurangi kelelahan setelah berolahraga. Penelitian menunjukkan bahwa BCAA dapat meningkatkan ketahanan terhadap kelelahan dan membantu Anda menghemat energi yang tersimpan dalam otot. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jakarta

Komentar

Registration