Adv

Sinergi Agen46 bersama BUMDes Karya Usaha untuk Pembangunan Ekonomi Desa

Minggu, 29 September 2019 - 22:22 | 171.19k
BUMDes Karya Usaha Desa Pakishaji Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar, Salah satu agen46 BNI (FOTO: Istimewa)
BUMDes Karya Usaha Desa Pakishaji Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar, Salah satu agen46 BNI (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, BLITAR – Badan Usaha MilikDesa (BumDes) kini menjadi lembaga strategis untuk mendorong pembangunan di tingkat perdesaan. Karena peran tersebut, kesuksesan BumDes di sebuah desa bisa menjadi tolok ukur kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat desa.

Mengingat strategisnya peran BumDes, PT Bank Negara Indonesia (BNI) Persero, Tbk. menjalin kerjasama dengan pemerintah desa untuk pengelolaan BumDes. BNI bertekad memberi pelayanan terpadu agar BumDes bisa berdaya guna bagi masyarakat desa untuk mewadahi kegiatan ekonomi desa.

BNI sebagai agent of development terus berkomitmen untuk mendukung program pemerintah dalam mewujudkan nawacita yang ketiga, yaitu membangun Indonesia dari daerah pinggiran atau pedesaan.

BNI mempunyai infrastruktur yang sangat lengkap untuk mendukung pengembangan BumDes, salah satunya melalui layanan Branchless Banking (Agen46).

Terhitung hingga bulan September 2019, terdapat 25 BumDes yang tersebar di berbagai kecamatan di Kabupaten Blitar telah bergabung sebagai mitra BNI menjadi Agen46. Hingga saat ini, BNI Blitar terus berupaya mengajak BumDes yang belum bergabung untuk menjadi mitra BNI yakni menjadi Agen46.

Keberadaan BumDes yang bergabung dengan Agen46 kian mempermudah lapisan masyarakat untuk mendapatkan layanan jasa perbankan seperti setor, tarik, transfer kesesama BNI dan transrfer antarbank. Selain itu, jasa perbankan BumDes juga dapat melayani pembayaran BPJS, pembelian pulsa listik, dan lainnya.

Salah satu BumDes yang telah bergabung dengan Agen46 adalah BumDes Karya Usaha dari Kecamatan Kademangan.

Dituturkan oleh Ibu Apres, ketua BumDes Karya Usaha saat melayani nasabahnya untuk pembayaran listrik. Dia mengaku setelah bergabung dengan Agen46, dalam satu bulan rata-rata dapat melakukan kurang lebih 200 kali transaksi pembayaran listik.

Dengan bergabungnya BumDes Karya Usaha dengan Agen46 diharapkan dapat menjadi contoh BumDes yang lain untuk mengembangkan pembangunan ekonomi desa. Karena setiap transaksi yang dilakukan akan mendatangkan tambahan penghasilan untuk BumDes tersebut.

Agen46 dalam naungan BumDes bisa berjalan bersama untuk memberikan kontribusi positif terkait pembangunan desa.

Aries Muharram, pemimpin BNI KC Blitar menambahkan, Agen46 menjadi bisnis yang menjanjikan untuk menambah keuntungan, sehingga BumDes dapat berkontribusi dengan baik untuk membantu kesejahteraan masyarakat desa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES