Peristiwa Daerah

Tanggul Bantaran Bengawan Solo di Gresik Ambles

Minggu, 29 September 2019 - 13:12 | 76.88k
Camat Dukun Fattah Hadi saat meninjau tanggul bantaran sungai bengawan solo di Desa Padangbandung Kecamatan Dukun (Foto: Istimewa)
Camat Dukun Fattah Hadi saat meninjau tanggul bantaran sungai bengawan solo di Desa Padangbandung Kecamatan Dukun (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Tanggul yang berada di bantaran sungai Bengawan Solo di Desa Padangbandung, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik, Jawa Timur ambles, Minggu (29/9/2019) siang.

Hal itu membuat warga kaget, namun beruntung kejadian tersebut tak memakan korban jiwa sebab jauh dari pemukiman warga.

Mengetahui kabar tersebut, Camat Dukun beserta stakehokder terkait langsung meninjau lokasi amblesnya tanggul penahan aliran sungai terpanjang di pula Jawa tersebut.

Ketika dikonfirmasi TIMES Indonesia, Camat Dukun Fattah Hadi membenarkan kejadian tersebut. Setelah mendapat laporan, ia langsung turun meninjau lokasi amblesnya tanggul.

"Tanggul yang ambles kurang lebih,
panjang 100 meter, lebar 3 meter dan kedalaman 1.5 meter," katanya.

Fattah mengatakan, dugaan sementara penyebab utama amblesnya tanggul adalah air di bengawan solo kering sehingga tidak kuat menahan tanggul

Selain itu diperkirakan ada terjangan air dari tambak-tambak yang ada diluar bengawan solo. 

"Air itu melalui bawah tanggul yang mengakibatkan dalamnya tanggul rapuh dan ambles," ungkap Fattah.

Soal imbas amblesnya tanggul, Fattah mengaku akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait sebab jika tidak ditangani dikhawatirkan kalau musim hujan tiba akan terjadi longsor lebih besar.

"Tidak ada korban. Dihawatirkan nanti kalau musim hujan tiba akan terjadi longsor dan tanggulnya akan hilang atau hanyut, sementara belum bisa berbuat apa-apa," ujarnya menanggapi amblesnya tanggul bantaran Bengawan Solo di Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Gresik

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES