Kesehatan

Catat! 5 Makanan Kurang Sehat Ini Bisa Memicu Kanker Payudara

Jumat, 27 September 2019 - 00:04 | 202.06k
ILUSTRASI - Makanan Kurang Sehat (FOTO: www.hellosehat.com)
ILUSTRASI - Makanan Kurang Sehat (FOTO: www.hellosehat.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ada berbagai makanan yang menjadi penyebab berkembangnya sel kanker di payudara. Makanan-makanan penyebab kanker payudara tersebut biasanya tergolong makanan kurang sehat. Apa saja makanan yang bisa meningkatkan risiko kanker payudara?

Seperti dilansir dari Hello Sehat, berikut ini makanan yang bisa menyebabkan kanker payudara.

1. Daging merah

Jika Anda terlalu banyak makan daging merah dalam jangka panjang, lemak tubuh dan kadar kolesterol darah terus meningkat. Ini dapat meningkatkan risiko Anda mengalami obesitas, yang menjadi salah satu faktor pemicu terbentuknya sel kanker dalam tubuh.

Wanita yang memiliki lemak berlebih dalam tubuhnya cenderung memproduksi lebih banyak jumlah estrogen dari semestinya. Kelebihan estrogen dalam tubuh adalah faktor pemicu pertumbuhan sel kanker payudara.

2. Gula

Gula bukanlah makanan yang jadi penyebab langsung kanker payudara. Namun, kebanyakan makan gula bisa meningkatkan risiko Anda terkena kanker payudara dengan cara meningkatkan berat badan berlebih.

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, batas konsumsi gula per harinya sekitar 50 gr atau setara dengan 5-9 sendok teh. Perlu diingat bahwa gula tak hanya berarti gula pasir saja. Gula ada di hampir semua produk makanan dan minuman kemasan. Gantilah kebiasaan minum minuman kemasan dengan air putih yang jauh lebih sehat.

2. Makanan yang dibakar

Konsumsi makanan yang dibakar termasuk salah satu penyebab berkembangnya sel kanker di payudara. Memanggang atau membakar daging di atas api tinggi dalam waktu lama memicu terbentuknya senyawa disebut heterocyclic amine (HCA) dan policyclic aromatic hydrocarbon (PAH). Kedua senyawa ini tergolong sebagai zat karsinogen yang dapat memicu kanker.

Namun begitu, kedua senyawa ini tidak langsung bisa menyebabkan kanker. Kedua senyawa ini baru memicu kanker bila sudah menyebabkan kerusakan pada DNA (mutagenik). Untuk bisa merusak DNA, HCA dan PAH harus lebih dulu diaktivasi oleh enzim tertentu dalam tubuh.

3. Makanan kalengan

Makanan kaleng juga diyakini kuat dapat menjadi faktor penyebab berkembangnya kanker payudara. Ini karena sisi bagian dalam kaleng pada umumnya dilapisi oleh bisphenol-A (BPA). BPA merupakan bahan kimia yang telah terbukti merusak bisa DNA di dalam tubuh, dan meningkatkan risiko Anda terkena kanker payudara.

Selain itu, makanan kalengan juga cenderung diolah dengan banyak tambahan gula, garam, dan pengawet. Berbagai bahan tambahan ini tentu saja tak sehat bagi tubuh jika dikonsumsi terlalu banyak

4. Makanan yang mengandung lemak trans dan jenuh

Lemak trans dan lemak jenuh perlu dihindari atau dibatasi karena kurang baik bagi tubuh. Terlalu banyak makan makanan yang mengandung dua lemak jahat ini bisa jadi penyebab kanker payudara.

Lemak trans biasanya banyak terdapat makanan olahan dan kemasan seperti biskuit dan snack kemasan lainnya. Sementara lemak jenuh terdapat pada santan, mentega, dan produk susu.

Jika Anda ingin terhindar dari kanker payudara batasi konsumsi berbagai makanan kurang sehat di atas. Selain itu, jaga tubuh Anda dengan rajin berolahraga. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES