Kuliner

Bali’s Best Eats Award 2019, Bangkitkan Kuliner Asli Indonesia

Bali’s Best Eats Award 2019, Bangkitkan Kuliner Asli Indonesia Pemaparan Bali Best East Award 2019. (FOTO: Istimewa)
Kamis, 26 September 2019 - 19:38

TIMESINDONESIA, DENPASARAQUA Reflections bersama dengan FoodieS Magazine kembali memberikan penghargaan objektif untuk tempat makan pertama di Indonesia, Bali’s Best Eats Award 2019. Penghargaan ini bertujuan untuk membangkitkan budaya kuliner asli Indonesia.

Setelah sukses dengan Bali’s Best Eats Award 2018, penghargaan tahun ini kembali bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada tempat makan berkelas dunia dan para pelaku kuliner yang luar biasa di Bali. Penghargaan ini nantinya juga membedah dan mengedepankan tempat makan yang luar biasa di antara persaingan industri kuliner Bali yang ketat dan kian berkembang.

Untuk penilaian, Bali’s Best Eats akan dinilai langsung oleh anggota dewan juri yang merupakan ahli-ahli yang dihormati dalam industri kuliner, penghargaan Bali’s Best Eats 2018 lalu memberikan penghargaan kepada 40 restoran terpilih, serta meresmikan penghargaan khusus yang diberikan kepada Locavore sebagai Restaurant of the Year, Wayan Kresna Yasa dari Kaum Restaurant sebagai Chef of the Year dan Frestro sebagai Bar of the Year.

Sedangkan untuk tahun ini, Bali’s Best Eats Award akan terdiri jari juri-juri yang berpengalaman dan berkompeten di bidangnya yakni Yuda Bustara, Celebrity Chef; Janet de Neefe, Director Ubud Food Festival; Jed Doble, Publisher FoodieS; Sarah Dougherty, Food & Lifestyle Writer; Maya Kerthyasa, Food and Lifestyle Writer; Pierre Lang, Gourmand and Hotelier; Rinrin Marinka, Celebrity Chef; Dorian Pryce, F and B Professional; dan Corine Tap, President Director, Aqua Danone.

Setiap juri hanya dapat memberikan suara untuk suatu tempat makan apabila mereka telah mengunjungi tempat makan yang bersangkutan dalam waktu 12 bulan terakhir. Setiap kunjungan dilakukan tanpa mengungkapkan identitas mereka sebagai dewan juri dan tanpa ada insentif atau bentuk apresiasi lainnya dari pihak tempat makan. Para penyelenggara, dewan juri, sponsors juga melakukan proses seleksi dan deliberasi secara rahasia yang tidak diumumkan sebelum acara Awards Gala.

Kategori restoran akan dibagi ke dalam tiga bagian. Fine Dining, tempat makan yang akan mengerahkan upaya luar biasa untuk mencapai kesempurnaan rasa, presentasi, kreativitas, pelayanan, dan penataan meja.

Upscale Dining, tempat makan yang tanpa lelah berupaya menyediakan pengalaman makan dengan konsep yang unik dan cerdas di tengah suasana yang menyambut.

Casual Dining, tempat makan yang melebihi lainnya dalam menawarkan makanan dan minuman yang bertema santai, hidup, dan sangat mudah diterima oleh semua.

Tempat makan dalam nominasi kemudian dinilai berdasarkan 50 persen terdiri makanan, berdasarkan rasa, kreativitas, dan eksekusi. Kemudian, 20 persen untuk kualitas pelayanan, 20 persen untuk menu minuman atau daftar wine, dan 10 persen untuk desain interior atau karakter.

Tahun ini, selain penilaian dari dewan juri, Jakarta’s Best Eats akan membentuk tim Chefs Academy yang akan menjadi panel voting. Terdiri dari chef-chef terkemuka di Jakarta, dan suara mereka akan menentukan keputusan final dari penilaian yang akan membentuk hasilakhir dari daftar Best Eats. Chefs Academy akan memberikan sebuah pandangan baru dan sampel suara pakar yang lebih luas.

Publisher FoodieS Magazine, Jed Doble menyampaikan dunia kuliner dan restoran akan terus berkembang, begitupula Bali’s Best Eats Awards semangat untuk menjadi bagian dalam perkembangan tersebut. Ia menilai perkembangan yang makin marak, pertumbuhan bisnis restoran dan munculnya koki-koki bersama konsep dan ide baru, merupakan salah satu hal yang menarik untuk terus dipantau.

"Kami mempertahankan esensi dari Bali’s Best Eats Award yang mendukung kreativitas dan keberhasilan kuliner, mendorong standar lokal menjadi lebih tinggi dan membantu memastikan agar 40 restoran terbaik ini selalu penuh setiap malam,” kata Jed.

Vice President Marketing Danone AQUA, Ethan Lim, menyampaikan penghargaan kuliner ini ditujukan untuk mendorong terciptanya pertumbuhan pesat pada industri kuliner di Bali yang menciptakan persaingan yang ketat dan lezat serta tren inovatif. Karena itu, FoodieS Magazine dan AQUA Reflections selaku brand air mineral alami nomor satu di Indonesia, mempergunakan peluang ini dengan dibentuknya anggota dewan juri yang merupakan ahli-ahli yang dihormati oleh khalayak kuliner untuk pencarian tempat makan kelas dunia pun berlanjut.

Pemaparan-Bali-Best-East-Award-v2.jpg

"Penghargaan Bali’s Best Eats 2019 akan senantiasa menyajikan opini para ahli bagi penggemar kuliner dan wisatawan lokal maupun mancanegara menge bakat-bakat kreatif di balik industri kuliner Bali yang ternama, yang kemudian diharapkan akan memacu para chef dan pengusaha tempat makan untuk terus mengembangkan pengalaman makan kelas dunia," katanya.

Ethan menyampaikan 'Live Your Finest Reflections' juga merupakan sebuah kampanye AQUA Reflections yang mengajak masyarakat luas untuk memberikan yang terbaik dalam hidup sebagai gaya hidup seharihari. Bukan sekedar pernyataan yang bisa diacuhkan.

Melalui wadah ini, AQUA Reflections juga mengambil langkah-langkah untuk mengapresiasi tokoh inspirasional Indonesia dalam bidang mode busana, gaya hidup, seni, dan industri kuliner. Untuk kedua kalinya mempersembahkan Bali’s Best Eats Awards merupakan sebuah langkah nyata dari AQUA Reflections untuk mengapresiasi dan mendukung bakat-bakat industri kuliner lokal.

“Ini adalah komitmen kami untuk mendukung meningkatkan pengalaman bersantap di Indonesia dan untuk berkolaborasi dalam mendorong standard kualitas industri kuliner di Indonesia. Kami berharap agar Bali’s Best Eats akan memotivasi industri kuliner dan bakat-bakat di Bali, untuk berpacu dalam memberikan penawaran dan pengalaman bersantap menuju tingkat yang lebih luas dan tinggi di tempat mereka," tambahnya.

Sebanyak 40 tempat makan terpilih nantinya diumumkan pada akan diungkapkan pada Awarding Night yang berlangsung pada bulan Desember 2019. Registrasi untuk restoran yang ingin ikut serta dalam Bali’s Best Eats Award 2019 telah dibuka dan akan berlangsung sampai pada tanggal 30 November 2019. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi, https://besteats.id/. (*)

Pewarta: Imad

Editor:

Jurnalis : Imadudin Muhammad
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Bali

Komentar

Registration