6 Tips Ampuh Menjual Banyak Produk Bagi Pemula
TIMESINDONESIA, JAKARTA – Diantara begitu banyak faktor kesuksesan berbisnis, cara menjual produk merupakan salah satu yang paling berpengaruh. Hanya saja, menjual produk memiliki berbagai macam teknik yang seringkali tak dimengerti oleh sebagian pelakunya. Apalagi bagi mereka para pemula di dunia bisnis. Dalam dunia bisnis, pemasaran atau penjualan produk merupakan ujung tombak akan sukses tidaknya suatu usaha.
Berikut beberapa tips yang bisa dicoba bagi pemula agar produk yang dijual laku banyak.
1. Menguasai produk yang dijual
Alangkah lebih baik jika mempelajari produk tersebut secara menyeluruh terlebih dahulu. Seperti apa kegunaan produk itu, kelebihannya apa, kekurangannya bagaimana, harganya berapa, serta apa keunggulan utamanya dibanding produk sejenis dari merk lain. Juga hal-hal lain yang dianggap perlu.
Dengan menguasai detail produk, maka kita dapat memberikan gambaran yang jelas serta pelayanan yang optimal terhadap calon pembeli. Hal tersebut akan makin memantapkan si calon pembeli untuk membeli produk yang ditawarkan. Kalau perlu, buat daftar kemungkinan pertanyaan yang akan diajukan calon pembeli. Lalu susunlah jawabannya sejelas mungkin.
2. Membantu calon pembeli untuk mengambil keputusan
Terkadang calon konsumen ragu-ragu untuk membeli produk yang ditawarkan. Yakinkan calon pembeli bahwa produk yang ditawarkan adalah produk yang tepat dan memiliki kualitas bagus. Untuk meyakinkan bisa menggunakan perbandingan dengan produk sejenis dari merk lain. Tapi ingat, jangan pernah memaksa konsumen. Karena hal tersebut justru akan membuat calon konsumen tidak nyaman dan memilih meninggalkan kita atau toko kita.
Biasanya kalau calon konsumen kita tertarik dan berminat untuk membeli produk kita, ia akan memberikan isyarat nonverbal. Isyarat nonverbal mengenai kesediaan membeli barang tersebut bisa diketahui bila konsumen menanyakan harga, persyaratan, cara pengiriman, ukuran dan jenis produk, model produk, dan lain sebagainya.
3. Mengatur komunikasi marketing
Anda memerlukan strategi untuk memformulasikan kebutuhan-kebutuhan Anda secara strategis. Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mempermudah manajemen marketing komunikasi ini.
• Menemukan bagaimana caranya menciptakan persepsi dari tujuan utama produk tersebut.
• Mengidentifikasi secara tepat segmen pasar yang paling menguntungkan untuk mencapai target.
• Mengoptimalkan hubungan dengan konsumen dan daerah marketing komunikasi Anda.
• Membangun strategi tingkat pendapatan yang sekaligus menghasilkan support manajemen.
• Mengidentifikasi teknologi media baru untuk mengintegrasikan komunikasi.
• Meningkatkan hubungan yang baik dengan media dan mengkoordinasikan strategi advertising dan strategi public relation.
4. Memanfaatkan peluang penjualan dengan baik
Apabila calon konsumen benar-benar ingin membeli produk yang ditawarkan, Anda harus cermat dan jangan melepas peluang begitu konumen menampakkan tanda setuju. Ikuti dengan sabar dan segera manfaatkan peluang begitu mereka tampak bersedia.
Setelah transaksi selesai, berikan informasi dan alamat jelas jika ada masalah yang berkaitan dengan produk di kemudian hari.
5. Memperhatikan penampilan
Mungkin tidak berkaitan secara langsung antara produk yang dijual dengan penampilan kita. Akan tetapi, penampilan sangat penting untuk memberikan kesan pertama yang menarik bagi konsumen.
Dengan pakaian yang rapi, penampilan akan menjadi semakin atraktif. Kesan awal yang didapat calon konsumen akan berdampak pada keyakinan tentang produk yang dijual.
6. Kemauan bergaul dengan orang
Setelah penampilan kita diterima orang, perhatikan etika berbicara dalam pergaulan. Kata kunci dalam membangun komunikasi adalah ramah dan sopan. Perkenalkanlah terlebih dahulu identitas diri, maksud kedatangan, dan sebagainya. (*)
**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.
Advertisement
Editor | : Deasy Mayasari |
Publisher | : Lucky Setyo Hendrawan |