Peristiwa Nasional

Atasi Karhutla, Ini Saran Kepala BNPB untuk Pejabat Daerah

Selasa, 24 September 2019 - 13:22 | 40.51k
Ilustrasi kebakaran hutan
Ilustrasi kebakaran hutan

TIMESINDONESIA, JAMBI – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo memberi pesan agar para pejabat di daerah terdampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla) mau hidup bersama rakyatnya dan mempelajari perilaku mereka.

"Sisa api yang ada, mari kita padamkan bersama. Pemerintah pusat siap membantu dan mendukung upaya pemadaman," tuturnya saat memimpin langsung rapat koordinasi penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan di Provinsi Jambi, Senin (23/9/2019).

Selain itu, ia juga menganjurkan agar dalam bertani, beladang, berkebun tidak lagi dilakukan dengan membakar lahan. Ia mengingatkan adanya aturan yang memperbolehkan membuka lahan dengan cara membakar harus perlu izin.

“Hal yang perlu diperhatikan adalah membuka lahan di areal gambut, yang berbahaya jika kering, api langsung menjalar. Hal ini yang harus diperhatikan oleh masyarakat agar api tidak membesar," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala BNPB, Doni Monardo juga mengemukakan jika dari 328.724 hektar luas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada 2019 ini, 99 persen terjadi karena ulah manusia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Setkab

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES