Peristiwa

BNPB Sebut Karhutla Tahun Ini 99 Persen Ulah Manusia

Selasa, 24 September 2019 - 12:04 | 56.45k
Ilustrasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Foto: Setkab RI for TIMES Indonesia)
Ilustrasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Foto: Setkab RI for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAMBI – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo mengemukakan jika dari 328.724 hektar luas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada 2019 ini, 99 persen terjadi karena ulah manusia. Dari keseluruhan luas karhutla yang terbakar itu, 80 persen di antaranya menjadi kebun.

"Saya mempunyai data, penyebab Karhutla adalah 99 persen ulah manusia. Ada yang disengaja ada yang lalai, dan 80 persen lahan yang terbakar pada akhirnya menjadi kebun," kata Kepala BNPB Doni Monardo saat memimpin langsung rapat koordinasi penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan di Provinsi Jambi, Senin (23/9/2019).

Menurut Doni, karhutla tahun 2019 ini berbeda dari karhutla tahun sebelumnya yang relatif mudah dipadamkan karena lahan gambut masih relatif basah. "Tahun ini sudah 328 ribu hektar lahan gambut yang terbakar relatif kering," ujarnya.

Karena luasnya lahan yang terbakar itu, ia mengatakan jika masalah bencana karhutla ini tidak dapat diselesaikan oleh satu instansi saja. Butuh bantuan dari berbagai kalangan, bersinergi dan menyelesaikan masalah secara bersama-sama.

"Tidak perlu saling menyalahkan, mari kita bahu-membahu memadamkan api. Ke depannya pencegahan harus dikedepankan, dan pemerintah daerah harus melibatkan masyarakat sebagai kunci pencegahan Karhutla,” tegas Kepala BNPB, Doni Monardo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES