Pemerintahan

Bupati Malang Peringatkan Kepala Desa Agar Tak Main-Main Kelola Keuangan Desa

Bupati Malang Peringatkan Kepala Desa Agar Tak Main-Main Kelola Keuangan Desa Bupati Malang Drs HM Sanusi MM saat memberikan pembinaan kepada para Kepala Desa. (Foto : Humas Pemkab Malang)
Senin, 23 September 2019 - 22:08

TIMESINDONESIA, MALANG – Peringatan diberikan Bupati Malang kepada seluruh Kepala Desa, agar tidak main-main dalam mengelola keuangan desa yang nominalnya cukup besar.

Peringatan itu disampaikan oleh orang nomor satu di Pemkab Malang ini, saat membuka kegiatan pembinaan, monitoring dan evaluasi serta pengawasan keuangan desa tahun anggaran 2019 di Pendapa Kabupaten Malang di Kepanjen, Senin (23/9/2019).

"Saya menekankan ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian terkait pengelolaan keuangan desa, seperti aspek sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten dan memiliki integritas," ujar Bupati Malang, Drs HM Sanusi MM.

Dia menjelaskan, pengelolaan keuangan desa harus transparan. "Sistem pengelolaan yang jelas dan paling penting harus sesuai aturan, serta sesuai perencanaan yang dirancang," tuturnya.

Disamping itu kata Sanusi, lebih utama lagi adalah wajib adanya laporan pertanggungjawaban yang disusun oleh kepala desa beserta perangkatnya.

"Harus digunakan untuk apa item per itemnya harus ada laporan beserta buktinya," tegasnya. Apabila melanggar hukum dan itu sengaja dilakukan seperti korupsi kata dia maka harus berhadapan dengan penegak hukum.

"Jangan sampai ada yang terlibat kasus hukum karena sengaja melanggar aturan penggunaan desa," kata Politisi PKB ini.

Untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran, maka dari itu kata Sanusi, Pemkab Malang tidak henti-hentinya melakukan pembinaan serta sosialisasi.

"Seperti kegiatan kali ini tujuannya supaya tidak terjadi pelanggaran. Selain itu, seluruh kepala desa beserta perangkatnya mengerti tata manajemen keuangan desa," terangnya.

Selanjutnya Bupati Malang berharap kepada seluruh kepala desa dapat mengikuti kegiatan ini sebaik mungkin dalam rangka meningkatkan kapasitasnya dalam mengelola keuangan desa.(*)

Jurnalis : Binar Gumilang
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Registration