Peristiwa Nasional

Situs Kemendagri RI Diretas, Mendagri RI: Tak Pengaruhi Sistem Data Kependudukan

Senin, 23 September 2019 - 20:39 | 50.61k
Mendagri Tjahjo Kumolo (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)
Mendagri Tjahjo Kumolo (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMendagri RI Tjahjo Kumolo memastikan, peretasan situs resmi Kemendagri RI tidak berpengaruh pada sistem data kependudukan. Seluruh data penduduk disebut masih tetap aman kerahasiaanya.

"Nggak ada (pengaruh dengan seluruh data kependudukan). Hanya itu (berpengaruh dengan tampilannya) saja," ujar Tjahjo di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Senin (23/9/2019).

Diketahui, situs resmi Kemendagri RI jadi korban aksi peretasan oleh pihak tak bertanggungjawab, Minggu (22/9/2019). Diduga, aksi peretasan tersebut tekait dengan kondisi KPK RI.

Sebab, dalam situs beralamat di www.kemendagri.go.id itu menampilkan pesan duka untuk kondisi KPK RI. Hingga saat ini, laman tersebut masih belum dapat diakses.

Kata Menteri Tjahjo, aksi oeretasan terhadap laman resmi Kemendagri RI, hanya mengubah tampilan awal website. Sehingga ia memastikan, tidak berdampak pada keamanan data kependudukan.

Pihaknya lanjut dia, sudah mengantongi identitas hacker atau pelaku peretasan terhadap situs resmi Kemendagri RI.

"Oh sudah. Sudah kami lihat Kominfo, Cyber Mabes Polri, untuk minta tolong. Sudah jelas tanggalnya dan hari apa, jam berapa, arahnya dari daerah mana, sudah ketahuan (pelakunya)," tutur Mendagri RI Tjahjo Kumolo memastikan peretasan situs Kemendagri RI tak berpengaruh pada keamanan data kependudukan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES