Peristiwa Nasional

Mendagri RI Sayangkan Gubermur Riau Pergi ke Luar Negeri saat Terjadi Karhutla

Senin, 23 September 2019 - 20:32 | 35.38k
Mendagri RI Tjahjo Kumolo.
Mendagri RI Tjahjo Kumolo.

TIMESINDONESIA, JAKARTAMendagri RI Tjahjo Kumolo menyayangkan Gubernur Riau Syamsuar memilih pergi ke luar negeri saat wilayahnya dikepung kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan atau karhutla

"Kalau kemarin ada di Riau itu sangat disayangkan. Harusnya dia punya empati, sensitivitas lah, masyarakat lagi menderita, ya ditunda kalau hanya sekedar lihat pameran," ujar Tjahjo di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Senin (23/9/2019).

Syamsuar sempat dikritik keras karena ke luar negeri di saat warganya terkena kabut asap. Ia pergi ke Thailand pada pertengahan September lalu untuk menghadiri Pertemuan Tingkat Menteri (PTM) Indonesia Malaysia-Growth Triangle (IMT-GT) di Krabi.

Syamsuar diakui Menteri Tajhjo memang sempat mengajukan izin ke luar negeri jauh-jauh hari sebelum karhutla melanda wilayah Riau sehingga Kemendagri RI saat itu memberikan izin.

Berkaca pada kasus Gubernur Riau, Menteri asal PDI Perjuangan itu mengeluarkan kebijakan terkait pengajuan izin dinas ke luar negeri. Tjahjo, meminta agar izin kepala daerah ke luar negeri diajukan 2 minggu sebelum keberangkatan.  "Riau, jauh jauh hari ada izin tapi jauh hari sebelum ada karhutla. Kami minta 2 minggu harus izin sebelum berangkat," kata Mendagri RI.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES