Peristiwa Daerah

Masyarakat Harus Proaktif kembangkan Umbul Damar Water Park

Senin, 23 September 2019 - 19:04 | 137.51k
Ketua Pelaksana Program Doktor Mengabdi 2019 Universitas Brawijaya Malang, Maulina Pia Wulandari saat menyampaikan sambutan launching Umbul Damar Water Park di Desa Umbul Damar, Kabupaten Blitar, Senin (23/9/2019). (Foto: Sholeh/TIMES Indonesia)
Ketua Pelaksana Program Doktor Mengabdi 2019 Universitas Brawijaya Malang, Maulina Pia Wulandari saat menyampaikan sambutan launching Umbul Damar Water Park di Desa Umbul Damar, Kabupaten Blitar, Senin (23/9/2019). (Foto: Sholeh/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BLITAR – Ketua Pelaksana Program Doktor Mengabdi 2019 Universitas Brawijaya Malang di Desa Umbul Damar, Kecamatan Binangun, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Maulina Pia Wulandari mengatakan bahwa masyarakat setempat harus sadar dan proaktif mengembangkan Wisata Umbul Damar Water Park.

Masyarakat di Desa Umbul Damar ini sudah harus tahu bahwa desa mereka adalah desa wisata. Untuk itu, masyarakat harus bisa melaksanakan hidup bersih dan sehat  sebagai penunjang upaya pengembangan wisata tersebut.

"Paling tidak halaman rumah disapu, membuang sampah pada tempatnya. Jadi taman air yang sudah bagus ini tetap bersih kalau ada orang berkunjung, jangan sampai ada botol plastik dan tisu berserakan, taruhlah ditempat sampah," katanya usai peresmian Wisata Umbul Damar Water Park, Senin (23/9/2019).

Doktor-Mengabdi-2019-1.jpg

Pia juga mengajak warga desa untuk mempercantik di daerah kawasan taman wisata Umbul Damar Water Park dengan banyak menanam pohon dan bunga di pintu masuk sehingga lebih hijau lagi.

Menurutnya, Umbul Damar Water Park Sudah memenuhi standar sebagai tempat wisata karena ada toilet yang tersebar dimana-mana, tempat parkir yang luas juga juga terdapat homestay.

"Ini kan potensinya ada tinggal memasarkan dan memperkenalkan kepada masyarakat," terangnya.

Selanjutnya, Pia berharap pemerintah membantu perbaikan jalan secepatnya karena akses jalan itu penting mengingat Taman air ini tempatnya agak terpencil.

"Tapi sebenarnya sekarang tidak menjadi masalah mau di dalam atau di luar asalkan akses jelas, dan ada papan petunjuk arah ke tempat wisata, pengunjung pasti datang," tambahnya.

Pada Progam Doktor Mengabdi 2019, Pia menjelaskan, sebenarnya pihaknya sudah mengusahakan untuk membuat papan nama Umbul Damar Water Park di tepi jalan Provinsi. Namun hal itu tidak mudah karena proses perizinan yang cukup panjang dan status lahan yang harus menyewa atau membeli dari orang lain. "Sehingga kami akan kami coba dan inisiasi untuk tahun depan memberikan papan nama di jalan umum yang sifatnya permanen," terangnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Blitar

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES